Perancangan Sistem Monitoring Skripsi dengan Metode Web Engineering (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas)

Authors

  • Andy Paul Harianja FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Intan Sari Sembiring FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Abstract

Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa jenjang S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Sistem monitoring skripsi adalah sistem yang dapat digunakan untuk melihat semua data-data bimbingan mahasiswa secara detail. Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Sistem monitoring skripsi masih dilakukan secara manual yaitu data bimbingan mahasiswa dituliskan pada kertas dan disimpan pada suatu draft. Tujuan penelitian adalah merancang sistem monitoring skripsi dengan metode web enginnering untuk menghubungkan antara mahasiswa dan dosen pembimbing agar lebih mudah melakukan bimbingan dan juga untuk Kepala Program Studi (Kaprodi) agar dapat memantau semua mahasiswa yang bimbingan. . Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL.

Author Biography

Andy Paul Harianja, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Resa, “Web Engineering « Rekayasa Perangkat Lunak -05130-,†Rekayasa Perangkat Lunak - 95130, 1991. [Online]. Available: https://resaseptiari05130.wordpress.com/2011/10/31/web-engineering/. [Accessed: 01-May-2020].

R. I. Putu and A. I. B. K. Surya, “Perancangan Sistem Monitoring Pengerjaan Skripsi Pada Stmik Stikom Bali Berbasis Web,†Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, 2015. [Online]. Available: http://ejournal.stikom-bali.ac.id/index.php/knsi/article/view/462. [Accessed: 01-May-2020].

A. Ibrahim and A. Assagaf, “Sistem Monitoring Ujian Skripsi pada Program Studi Informatika UMMU,†Universitas (Stuttg)., vol. 1, no. 1, 2018.

Hasdiana and Nurjamiyah, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SKRIPSI PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS: STTH-MEDAN),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, no. 1, pp. 37–44, 2017.

E. Lestariningsih, E. Ardhianto, W. T. Handoko, E. Supriyanto, and S. L. R. A, “Visualisasi Data Penduduk Berbasis Web di Kelurahan Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak menggunakan Highcart 5.0.6,†J. Teknol. Inf. Din., vol. 21, no. 2, pp. 146–153, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.

N. Hadinata and D. Udariansyah, “IMPLEMENTASI METODE WEB ENGINEERING DALAM MAHASISWA BARU DAN TES ONLINE,†2013.

P. Ritonga, “Pengertian Unified Modeling Language ( UML ) dan Modelnya Menurut Pakar dan Ahli,†2015. [Online]. Available: https://bangpahmi.com/pengertian-unified-modeling-language-uml-dan-modelnya-menurut-pakar-dan-ahli/. [Accessed: 24-Dec-2019].

I. Zufria, “Pemodelan Berbasis UML (Unified Modeling Language) dengan Strategi Teknik Orientasi Objek User Centered Design(UCD) dalam Sistem Administrasi Pendidikan,†Processor, Jan. 2013.

Published

2020-05-01

How to Cite

Harianja, A. P., & Sembiring, I. S. (2020). Perancangan Sistem Monitoring Skripsi dengan Metode Web Engineering (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas). KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 1(2), 93–98. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/KAKIFIKOM/article/view/671

Issue

Section

Artikel