Sistem Informasi Pemasaran dan Penjualan Hasil Tenun Ulos Desa Lumban Suhi-Suhi

Authors

  • Ropita Hotrezkina Malau FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Tonni Limbong FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i2.933

Abstract

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan untuk belajar dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari mana saja, kapan saja dan dari siapa saja. Salah satu wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini adalah internet. Penggunaan internet dalam dunia bisnis berfungsi sebagai alat untuk alplikasi strategi bisnis online, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan besar yang menggunakan atau memanfaatkannya untuk perkembangan bisnisnya, misalnya toko online. Dengan dibangunnya sistem informasi pemasaran dan penjualan hasil Ulos Desa Lumban Suhi-Suhi, dapat memberikan salah satu alternatif dan kemudahan dalam menjalankan pengembangan usaha Desa Tenun Ulos Desa Lumban Suhi-Suhi. Disamping itu penjualan dengan website diharapkan pengolahan data pembelian menjadi lebih terformat rapi.

References

Candra Agustina, “Makna Dan Fungsi Ulos Dalam Adat Masyarakat Batak Toba Di Desa Talang Mandi Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis,†J. Ilmu Komun., vol. 3, no. 2, pp. 1–15, 2016.

N. Harahap, “Analisis Bentuk Ragam Hias, Fungsi dan Makna Ulos Batak dalam Adat Masyarakat Mandailing Suamtra Utara,†2020.

J. O. Sembiring and S. Pakpahan, “Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Barang pada Pintera Kreativ Berbasis Web,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 146–152, Jan. 2018, doi: 10.17605/JMEANS.V2I2.152.

M. Sinaga and E. P. Malau, “Sistem Informasi Penjualan pada Karo Rumah Mode di Simalingkar berbasis Web,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 1, pp. 49–56, 2018.

R. Indonesia, “Presiden republik indonesia presiden republik indonesia,†no. September, pp. 1–2, 2009, [Online]. Available: http://www2.pom.go.id/public/hukum_perundangan/pdf/Pengamanan rokok bagi kesehatan.pdf.

P. D. Astuti, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan,†Semin. Ris. Unggulan Nas. Inform. dan Komput. FTI UNSA, vol. 2, no. Bisnis Inelijen, pp. 13–18, 2013.

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi. Penerbit Andi, 2012.

H. M. Jogiyanto, Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

E. Kartini and P. Silitonga, “Sistem Informasi Wisata Kuliner di Kota Medan Berbasis Web,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 139–145, Jan. 2018, doi: 10.17605/JMEANS.V2I2.151.

M. Ginting and S. Pakpahan, “Sistem Informasi Potensi Kependudukan Desa Sukajulu Berbasis Web,†vol. 3, no. 2, pp. 147–151, 2018.

Kabupaten Samosir, “Industri Kerajinan Kain Tenun Samosir Motif Ulos,†WebsitePemkabSamosir, 2020. https://samosirkab.go.id/industri-kerajinan-kain-tenun-samosir-motif-ulos/ (accessed Nov. 10, 2020).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet, 2016.

T. Limbong et al., Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Published

2020-11-11

How to Cite

Malau, R. H., & Limbong, T. (2020). Sistem Informasi Pemasaran dan Penjualan Hasil Tenun Ulos Desa Lumban Suhi-Suhi. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 2(2), 93–101. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i2.933

Issue

Section

Artikel