PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PARFUM DYLAN RICH MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.54367/kukima.v1i2.2280Keywords:
Periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, citra merek, publisitas, volume penjualanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi dan citra merek terhadap tingkat penjualan pada PT. Dilan Kaya Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden (teknik maximum sampling error) untuk responden yang sudah pernah membeli parfum di PT. Dilan Kaya Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan, promosi penjualan, publisitas dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan PT Dylan Rich Medan. Secaraa parsial Advertising, Personal Sales dan Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT Dylan Rich Medan. Sedangkan publisitas dan citra merek berpengaruh negatif terhadap volume penjualan pada PT Dylan Rich Medan. Koefisien determinasi (R2) adalah 0,549. Koefisien determinasi (Adjusted R square) = 52%, sedangkan 48% dijelaskan oleh faktor lain. Disarankan untuk meningkatkan volume penjualan, manajemen PT Dylan Rich Medan perlu meningkatkan variabel publisitas, dan variabel citra merek perusahaan.References
Philip Kotler and Keith Cox. 1984. Manajemen dan Strategi Pemasaran.Edisi Revisi. Diterjemahkan Taufik Salim. Jakarta : Erlangga.
Assauri. Sofjan. 2004. Manajemen Bisnis Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Rangkuti. Freddy. 2005. Marketing Analysis Made Easy : Teknik Analisis Pemasaran dan Analisis Kasus Menggunakan Excel dan SPSS. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Setiadi. N. J. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2013. Metodologi Penelitian- Pendekatan Penelitian dalam Penelitian. Yogyakarta:Andi
Kotler dan Amstrong dalam Gintin. (2011) Manajemen Pemasaran. Edisi kedua. Jakarta: PT.Indeks. Kotlerm P. And Kelle. K. 2012. Marketing
Management 14 Edition. Prentice Hall. Upper Sadle River. New Jersey.
Abdurrahman. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Tangerang: CV Setia Pustaka
Kotler, Philip, 2006, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan Hendra Teguh dkk, Jakarta: PT. Prenhalindo
Agus Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Sutojo, Siswanto. 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta : Damar Mulia Pustaka.
Basu Swastha dan Irawan, 2008, Menejemen Pemasaran Modern, Edisi ke tiga belas, Penerbit: Liberty, Yogyakarta.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ahmad, Subagyo 2010, Marketing In Business. edisi pertama, cetakan pertama.Jakarta: Mitra Wacana Media
Karlina. 2007. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Studi Kasus PT. Intan Tunggal Kharisma. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Hamid. 2021. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong. Makasar.
Ervando, Tiarawati. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Perluasan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembeliaan Kopiko White Coffe. Skripsi. Universitas Negri. Surabaya.