SIKAP JUJUR MENDASARI TANGGUNG JAWAB

Authors

  • Largus Nadeak Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/logos.v17i1.1038

Keywords:

Jujur, tanggung jawab, hati nurani, kolektivitas, personal, integritas.

Abstract

“Tidak ada orang yang tidak membantah jika seorang dalam pusaran kasusâ€, demikian komentar Mahfud MD ketika dirut Asabri membantah bahwa tidak ada korupsi di Asuransi ini. Ungkapan Ibu guru bahasa Inggris saya juga meyakinkan bahwa orang Indonesia terbiasa berdalih. Pilihan berdalih merupakan tindakan tidak jujur dan berentetan dengan ketidaksediaan orang menghadapi dan menerima konsekuensi tindakan, atau tidak mau bertanggung jawab. Tulisan ini menjelaskan bahwa satu sikap yang sangat hakiki yang perlu dilatih dan dibiasakan agar orang bertanggung jawab adalah sikap jujur. Sikap ini tampak dalam pilihan menyatakan kenyataan yang sebenarnya sekaligus membentuk orang berintegritas, yaitu mewujudnyatakan apa yang dikatakan. Sikap ini akan mengoptimalkan kebaikan serta mengakui dan memperbaiki kesalahan. Tanggung jawab personal dijamin oleh keujuran personal yang memancar dari hati nurani yang kuat yang diterangi oleh sinar ilahi dalam iman. Kejujuran personal hendaknya ditopang oleh kolektivitas yang bermutu yang melindungi kebenaran. Kebersamaan jujur dan bertanggung jawab menjadi pelaku dan sekaligus kondisi agar terjadi kedamaian sejati dan kesejahteraan bersama (bonum commune). Kebersamaan beriman harus kuat menghayati pesan Allah, “Orang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi penghianat dirusak oleh kecurangannya†(Amsal 11, 3).

Author Biography

Largus Nadeak, Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Borba, Michele. Membangun Kecerdasan Moral, Tujuh Kebajikan Utama agar Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Dokumentasi dan Penerangan KWI. “Gaudium et Spesâ€, dalam Dokumen Konsili Vatikan II. Obor: Jakarta,1993.

Fuchs, Josef, Personal Responsibility and Christian Morality. Washington: Georgetown University Press, 1983.

Hartley, Gregory – Karinch, Maryann. How to Spot a Liar, Why People don’t Tell the Truth and How You can Catch Them. Petaling Jaya: Advantage Quest Publications, 2012.

Magnis-Suseno, Franz. 12 Tokoh Etika Abad ke-20. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Nadeak, Largus. Topik-topik Teologi Moral Fundamental, Memaham Tindakan Manusiawi dengan Rasio dan Iman. Medan: Binamedia Perintis, 2015.

Peschke, Karl, H. Christian Ethics, Moral Theology in the Light of Vatican II, (vol 2). Manila: Logos Publications, 2001.

White, Jerry, Kejujuran, Moral dan Hati Nurani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1987.

Published

2020-12-14

How to Cite

Nadeak, L. (2020). SIKAP JUJUR MENDASARI TANGGUNG JAWAB. LOGOS, 17(1), 30–41. https://doi.org/10.54367/logos.v17i1.1038