PENDIDIKAN SAUDARA KAPUSIN GENERASI BARU Pelaku Aktif dan Inspiratif di Zaman Aktual

Authors

  • Largus Nadeak Ilmu Filsafat, Fakultas Filsafat, Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/logos.v18i1.1176

Keywords:

pendidikan, kapusin, integritas, kharisma, bersaudara, kultur.

Abstract

Pedoman Pendidikan Kapusin yang berlaku secara internasional, dan dijabarkan di jajaran (lokal) agar sesuai dengan kontes budaya dan zaman, merupakan sarana untuk mereformasi materi dan pola pendidikan Kapusin berkharisma. Pedoman ini membantu proses pembentukan saudara Kapusin generasi baru agar berperan aktif dan isnpsiratif di zaman aktualnya. Para saudara yang berpendidikan berlanjut berperan penting untuk menuntun para saudara berpendidikan awal, agar siap latih dan tetap belajar di zaman multikultur, perkembangan teknologi terutama bidang media sosial, serta pola hidup yang berubah dan baru. Injil Kristus yang dihidupi oleh St. Fransiskus adalah dasar pedoman pendidikan Kapusin di atasnya dibangun gagasan berharga dan pola pendidikan yang relevan. St. Fransiskus memesankan agar para saudara menghayati Injil terutama hidup bersaudara dengan love freely given, fidelity to Poverty and obedience to the Church. Pelaku aktif dan inspiratif di zaman aktual adalah pribadi berinegritas, matang dalam 5 dimensi: kharismatis, manusiawi, rohani, intelektual, dan misi. Pribadi yang berintegritas berpengaruh di konteks anthropological pluralism and the digital world (cyber-anthropology). Kekayaan berakar kharisma serta budaya berbeda perlu dipelajari, serta kemajuan bersayap baru dalam wajah teknologi baru khusunya teknologi media sosial, pantas digeluti secara bertanggung jawab. Anggur baru harus ditempatkan dalam kantong kulit baru. Dengan menghidupi dan mengobarkan nyala kharisma kapusin bernew mindset dalam new contexts, para saudara Kapusin generasi baru hidup bersuka cita untuk membangunkan dunia.

Author Biography

Largus Nadeak, Ilmu Filsafat, Fakultas Filsafat, Unika Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

JÓ§hri, Mauro. Mari Mengobarkan Nyala Kharisma Kita, Surat Edaran kepada Semua Saudara se-Ordo tentang Pendidikan Awal, Roma, 2008.

JÓ§hri, Mauro. Pendidikan Tetap, Surat Edaran Minister General, Roma, 2010.

Kongregasi untuk Tarekat Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan, Instruksi Bertolak Segar dalam Kristus, Komitmen Hidup Bakti yang Dibaharui di Milenium Ketiga, Jakarta: Dokpen KWI, 2004.

Kongregasi untuk Tarekat Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan, Tahun Hidup Bakti, Jakarta: Dokpen KWI, 2015.

Kongregasi untuk Tarekat Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan, Anggur Baru dalam Kantong Kulit Baru, Jakarta: Dokpen KWI, Jakarta, 2018.

Konstitusi Suadara Dina Kapusin, Roma, 2015.

Levin, Michal. Spiritual Intelligence, Membangkitkan Kekuatan Spiritual dan Intuisi Anda, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.

McDaniel, Jay B. With Roots and Wings, Christianity in an Age of Ecology and Dialogue, New York: Orbis Books, 1995.

Paus Pransiskus, Ensiklik Fratelli Tutti, Roma, 2020.

Ratio Formationis OFMCap, Living according to the Form of the Holy Gospel, Roma, 2019.

Published

2021-04-14

How to Cite

Nadeak, L. (2021). PENDIDIKAN SAUDARA KAPUSIN GENERASI BARU Pelaku Aktif dan Inspiratif di Zaman Aktual. LOGOS, 18(1), 48–62. https://doi.org/10.54367/logos.v18i1.1176