ANTARA YANG SAKRAL DAN YANG PROFAN PADA MASA KONTAK SOSIAL DIBATASI

Authors

  • Yustinus Slamet Antono Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/logos.v19i1.1633

Keywords:

Interaksi social, profan, proses sosial, ritual komunal, Sakral

Abstract

Pandemi corona 19 yang berkepanjangan memaksa baik individu maupun masyarakat berada dalam kondisi yang sulit. Semua aspek kehidupan manusia harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada.  Kegiatan-kegiatan baik dalam pekerjaan maupun dalam peribadatan-peribadatan yang melibatkan orang banyak harus dihindari. Interaksi sosial yang biasanya mengandaikan adanya tatap muka terpaksa menggunakan cara lain melalui berbagai media komunikasi baik cetak maupun elektronik. Faktanya, media elektronik yang biasa digunakan oleh masyarakat sebagai sarana bekerja atau hiburan (profan) sekarang digunakan juga sebagai sarana untuk urusan-urusan rohani (sakral) misalnya dalam perayaan ekaristi online. Fakta itu memaksa para akademisi untuk menafsirkan kembali penjelasan yang tegas mengenai batas-batas “yang sakral” dan “yang profan” yang selama ini dikemukakan. Artikel ini merupakan ulasan atas gagasan Emile Durkheim tentang agama dalam kaitannya dengan praktek peribadatan pada masa pandemi.

Author Biography

Yustinus Slamet Antono, Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Berger, Peter L. and Luckmann, The Social Construction of Reality, Garden City: Doubleday &Company, Inc., 1966.

Durkheim, Emile, The Elementary Forms of the Religious Life, New York: The Free Press, 1965.

Eliade, Mircea, A History of Religious Ideas, vl. 2, (a.b. Willard R. Task), Chicago and London, 1982.

Nottingham, Elizabeth K., Agama dan Masyarakat suatu Pengantar Sosiologi Agama, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2002.

O’dea, Thomas F., Sosiologi Agama suatu Pengenalan Awal, Jakarta: Rajawali, 1987.

Scharf, Betty R., Sosiologi Agama, Jakarta: Prenada Media, 2004. Terj. Machnun Husein. M.Ag.

Soekanto, Soerjono, Sosiologi suatu Pengantar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1982.

Belk, W. Russell, Melanie Wallendorf, John F. Sherry, Jr. “The Sacred and the Profane in Consumer Behavior: Theodicy on the Odyssey”, dalam The Journal of Consumer Research, Vol. 16, Juni 1989.

Downloads

Published

2022-01-11

How to Cite

Antono, Y. S. . (2022). ANTARA YANG SAKRAL DAN YANG PROFAN PADA MASA KONTAK SOSIAL DIBATASI. LOGOS, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.54367/logos.v19i1.1633