PENGAKUAN IMAN AKAN ALLAH TRITUNGGAL MAHAKUDUS DASAR PERSAUDARAAN TAREKAT HIDUP BAKTI

Suatu Refleksi Teologis atas Anjuran Apostolik Vita Consecrata

Authors

  • Sihol Situmorang Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dionsius Purba Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Yohanes Anjar Donobakti Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Asrot Purba Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Allah Tritunggal, Vita Consecrata, Gereja, Persaudaraan, Kesaksian, Kekudusan, Tarekat Hidup Bakti, Kaul, Nasihat Injil, Persekutuan

Abstract

Tarekat Hidup Bakti merupakan bagian tak tergoyahkan bagi hidup dan kekudusan Gereja. Sebagai garda terdepan perwujudan misi Gereja, pemeluk Hidup Bakti, melalui penghayatan nasihat-nasihat Injil, bersaksi tentang persekutuan penuh cinta Allah Tritunggal Mahakudus di dalam Gereja maupun dalam dunia. Mereka yang menjalani panggilan khusus ini berusaha menghidupi ikatan cinta kasih yang begitu total dan sempurna dalam diri Bapa, Putera dan Roh Kudus. Bercermin pada Jemaat Rasuli, anggota Hidup Bakti menghayati persaudaraan dalam cinta kasih dengan kerelaan saling berbagi, baik materi, bakat maupun pengalaman rohani. Kasih sejati yang bersumber dari Allah Tritunggal itu dipupuk melalui Sabda dan Ekaristi, dimurnikan dalam Sakramen Pendamaian dan ditopang oleh doa. Hidup bersaudara dalam cinta kasih sebagai perwujudan Kerajaan Allah merupakan inti dan pokok misi Tarekat Hidup Bakti.

Author Biography

Sihol Situmorang, Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Beal, John P., dkk (ed.), New commentary on New on the Code of Canon Law: Commissioned By The Canon Law Society Of America. New York: Paulist Press, 2000.

Canilang, Samuel H. Konsekrasi Kaum Religius. Medan: Bina Media, 2008.

Dokumentasi dan Penerangan KWI. “Paus Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI”, dalam Spektrum, no. 4 /XXXIII, 2005 (Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2006

Hadiwardoyo, Al. Purwa. Ringkasan Ajaran Gereja tentang Imam, Awam, dan Religius. Yogyakarta: Kanisius, 2020.

Kongregasi untuk Tarekat Hidup Bakti dan Serikat Hidup Apostolik. Bertolak Segar dalam Kristus: Komitmen Hidup Bakti yang Dibaharui di Milenium Ketiga (Seri Dokumentasi Gerejawi no. 68), diterjemhakan oleh Alexander Djajasiswaja. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2004.

Kongregasi untuk Tarekat Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan. Hidup Persaudaraan dalam Komunitas (dengan judul asli La Vita Fraterna in Comunità) (Seri Dokumen Gerejawi No. 120), diterjemahkan oleh Andreas Suparman. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2020.

Konsili Vatikan II. “Dekrit tentang Pembaharuan dan Penyesuaian Hidup Religius, Perfectae Caritatis (Cinta Kasih Sempurna)” dalam Dokumen Konsili Vatikan II, diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Departemen dan Penerangan KWI, 1991.

Konsili Vatikan II. “Lumen Gentium” dalam Dokumen Konsili Vatikan II. Diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 1990.

Martinez, Felicissimo Dies. Membangun Hidup Religius. Medan: Bina Media Perintis, 2009.

Paredes, Jose Cristo. Misi. Medan: Bina Media Perintis, 2008.

Paulus VI. Himbauan Apostolik Evanglii Nuntiandi (Mewartakan Injil) (Seri Dokumen Gerejawi no. 6), diterjemahkan oleh J. Hadiwikarta. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan, KWI, 8 Desember 1975.

Pidyarto, H. “Kaum Religius Anugerah bagi Indonesia”, dalam A. Sudiarja dan A. Bagus Laksana (ed.), Berenang di Arus Zaman. Yogyakarta: Kanisius 2003.

Yohanes Paulus II. Anjuran Apostolik Vita Consecrata (Hidup Bakti) (seri Dokumen Gerejawi no. 51), diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 1996.

Yohanes Paulus II. Ensiklik Redemptoris Missio (Tugas Perutusan Sang Penebus) (Seri Dokumentasi Gerejawi no. 14), diterjemahkan oleh Frans Borgias & Alfons S. Suhardi (Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 1992

Yohanes Paulus II. Kurnia dan Misteri (judul asli: Dono e Misterio), diterjemahkan oleh J. Hadiwikarta. Jakarta: Obor, 1997.

Yohanes Paulus II. Surat Apostolik dalam bentuk Motu Proprio Novo Millenio Ineunte (Pada Awal Milenium Baru) Seri Dokumentasi Penerangan Gerejawi no. 62), diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2001.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Situmorang, S. ., Purba, D. ., Donobakti, Y. A. ., & Purba, A. . (2023). PENGAKUAN IMAN AKAN ALLAH TRITUNGGAL MAHAKUDUS DASAR PERSAUDARAAN TAREKAT HIDUP BAKTI: Suatu Refleksi Teologis atas Anjuran Apostolik Vita Consecrata. LOGOS, 20(1), 29–38. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/LOGOS/article/view/2546