DIALOG DALAM KARYA MISI GEREJA DALAM TERANG ENSIKLIK REDEMPTORIS MISSIO

Authors

  • Marthin L. Halawa Program Studi Studi Filsafat Keilahian Universitas Parayangan Bandung

Keywords:

Dialog, karya misi, Redemptoris Missio, Gereja, pluralisme, umat beragama

Abstract

Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui pandangan Ensiklik Redemptoris Missio oleh Paus Yohanes Paulus II, bahwa karya misi merupakan tugas fundamental Gereja. Selain itu agar para pembaca menyadari, mengetahui dan memahami tugas perutusan Gereja di tengah-tengah dunia dalam membangun dialog inklusif dengan agama lain. Supaya tugas itu berlansung baik dan relevan sesuai situasi jaman, Gereja membaharui misinya seturut paham teologis dan tuntutan zaman. Konsili Vatikan II menekankan hakikat misioner Gereja dengan berlandaskan pada perutusan Tritunggal. Kegiatan misioner melekat kuat pada hakikat hidup kristiani. Artikel ini mengupas amanat dialog, prinsip-prinsip dan bentuk-bentuk dialog, hambatan ke arah dialo,g dan dialog dalam karya misi Gereja. Dialog antaragama merupakan bagian dari karya misi penginjilan Gereja. Jika dipahami sebagai metode dan sarana untuk saling memperkaya dan saling mengenal, maka dialog tidak bertentangan dengan tugas perutusan kepada para bangsa. Melalui dialog hidup, saudara-saudari dari berbagai agama mampu bersaksi di hadapan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari dengan maksud untuk membangun suatu masyarakat yang lebih harmonis, lebih adil dan lebih bersaudara.

References

A. Heuken, Ensiklopedi Gereja, Jilid II. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka, 2004.

Bosch, J. David. Transformasi Misi Kristen: Sejarah Teologi Misi yang Mengubah dan Berubah. (Judul asli: Transforming Mission, Paradigm Shifts in Theology of Mission). Diterjemahkan oleh Stephen Suleeman. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999.

Budiyono HD, A. P. Membina Kerukunan Hidup Antaraumat Beragama. Jilid 3. Yogyakarta: Kanisius, 1983.

Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Dokumen Konsili Vatikan II. Jakarta: Obor, 2004.

Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI. Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (Dokumen Dialogue and Missio). (Judul asli, The Attitude of the Church Towards the Flowers of the Other Religions: Reflections and Orientations on Dialogue and Missio, 10 Mei 1984). Alih bahasa oleh R. P. Piet Go, O.Carm. Jakarta, Juli 2016.

Dokumen Sidang-sidang Federasi Konferensi-Konferinsi Para Uskup Asia 1970-1991 (Seri Dokumen FABC no. 1). (Judul asli: For All the people of Asia). Alih bahasa oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI-Obor, 1995.

Gerald, O. C. Kamus Teologi. Kanisius, 1996.

Gultom, Erick Djundjungan. “Suara Para Gembala Asia tentang Isu Ekologi”, dalam jurnal Teologi (Journal of Theology), 7(2), (Februari, 2018).

Hardawiryana, R. “Ensiklik “Redemptoris Missio”: Relevansinya bagi Gereja di Indonesia”, dalam Spektrum XX (1992), No. 1. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan penerangan KWI, 1992.

Hardawiryana, Y. “Dialog dengan Umat Islam dan Karya Misioner”, dalam SAWI no. 10 (1995).

Herianto, Hubertus. “Eklesiologi Lumen Gentium Dan Implementasinya Dalam Misi Umat Montfortan Indonesia Di Kalimantan Barat”, dalam jurnal Teologi Praktika, 3(1), (Juni, 2022).

Lokakarya Uskup-uskup Kesebelas untuk Hal-Ikhwal antar Agama tentang Teologi Dialog, “Pernyataan Sidang”, no. 20, (Sukabumi, Indonesia, 1-7-1988), dalam Dokumen Sidang-sidang Federasi Konferensi para Uskup Asia dari 1970-1991 (FABC) (judul Asli: For All the People of Asia), diterjemakan oleh R. Hardawiryana, Penyunting: FX. Sumantara Siswoyo (Jakarta: Dokumen dan Penerangan KWI, 1995).

Meidinata, Marianus Ivo. “Pewartaan Dan Keterbukaan Islam Dan Katolik Tinjauan Pendamaian Menurut Ilmu Perbandingan Agama”, dalam jurnal Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama 2, no. 1 (Maret, 2022).

Paus Paulus VI. Ensiklik Ecclesiam Suam (1966).

Paus Yohanes Paulus II. Ensiklik Redemptoris Missio (7 Desember 1990).

Paus Yohanes Paulus II. Ensiklik Redemptor Hominis (4 Maret 1979).

Panikkar, Raimundo. Dialog Intra-Religius, Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Riyanto, F. X. E. Armada. Dialog Agama dalam Pandangan Katolik, Yogyakarta: Kanisius, 1995.

Ronaldo, Florianus Risen. Sumbangsih Ensiklik Fratelli Tutti Bagi Gereja Katolik Dalam Usaha Membangun Dialog Antaragama Di Indonesia (Doctoral dissertation, STFK Ledalero) (Mei, 2022).

Sarang, Rikardus Kristian. “Membangun Dialog Sebagai Model Terciptanya Perdamaian Antar Umat Beragama Di Kota Merauke”, dalam jurnal Masalah Pastoral 10, no. 1 (April, 2022).

Sharpe, Eric J. “Mission between Dialogue and Proclamation”, dalam William R. Burrows (ed.), Redemption and Dialogue: Reading Redemptoris Missio and Dialogue and Proclamation Maryknoll – New York: Orbis Books, 1993.

Siswantara, Yusuf. “Dialog Sebagai Cara Hidup Menggereja di Kultur Indonesia”, dalam Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (April, 2020).

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Halawa, M. L. . (2023). DIALOG DALAM KARYA MISI GEREJA DALAM TERANG ENSIKLIK REDEMPTORIS MISSIO. LOGOS, 20(1), 68–89. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/LOGOS/article/view/2549