PERWUJUDAN BELAS KASIH DEVOSAN KERAHIMAN ILAHI DI PAROKI SANTO LAURENTIUS BRINDISI PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Yohanes Anjar Donobakti Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Andi Bonifasius Girsang Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sihol Situmorang Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Devosi, Kerahiman Ilahi, Devosan Kerahiman Ilahi, Katolik, Gereja, Paroki St. Laurentius Brindisi Pematang Siantar

Abstract

Devosi Kerahiman Ilahi diperkenalkan oleh seorang suster dari Kongregasi Bunda Allah Kerahiman, dan sekarang telah dikanonisasi menjadi santa. Devosi Kerahiman Ilahi sudah berkembang di banyak negara termasuk di Indonesia. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Komunitas Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Pontianak (KKI-KAP), devosi Kerahiman Ilahi telah berkembang di 22 keuskupan di Indonesia. Di Keuskupan Agung Medan umat beriman sudah banyak mengetahui dan berdevosi Kerahiman Ilahi. Penulis tertarik mendalaminya untuk mengetahui sejauh mana para devosan mewujudkan belas kasih Allah. Dalam buku catatan hariannya, St. Faustina mencatat begitu banyak pesan belas kasih yang disampaikan Yesus kepadanya. Pesan-pesan itulah yang kiranya menjadi inspirasi permenungan St. Faustina tentang belas kasih. Belas kasih itu harus diamalkan dengan perbuatan, perkataan dan doa. Pesan belas kasih itu jugalah yang dihidupi oleh para devosan Kerahiman Ilahi di Paroki St. Laurentius Brindisi Pematang Siantar.

References

Buku Harian Santa Faustina. Diterjemahan oleh Mariyanto, Ernest. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

AKIP St. Laurentius Brindisi. “Laporan Kegiatan AKIP Tahun 2013” dalam Rapat Paripurna 2013.

Barker, Ken (ed.). His Name is Mercy: Belas Kasih adalah Sumber Pengampunan. (Judul asli: His Name is Mercy). Diterjemahkan oleh Ernest Maryanto. Jakarta: Marian Centre Indonesia, 2013.

Crapps, Robert W. Gaya Hidup Beragama. Kanisius, Yogyakarta: 1993.

Keuskupan Agung Medan. Anggaran Dasar: Apostolat Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Medan. KAM, 2017.

Keuskupan Agung Pontianak. Keuskupan Agung Pontianak Tuan Rumah Kongres Nasional ke-3 KKI. https://kap.or.id/2018/12/18/keuskupan-agung-pontianak-tuan-rumah-kongres-nasional-ke-3-kki/. Diakses 15 September 2022.

Komisi Liturgi KAM. Menggali Kembali Makna Devosi: Bulan Liturgi Nasional. Pematangsiantar: [tanpa penerbit], 2012.

Kongregasi Ibadat dan Tata Tertib Sakramen. Direktorium tentang Kesalehan Umat dan Liturgi: Asas-Asas dan Pedoman. (Judul asli: Directory on Popular Piety and the Liturgy). Diterjemahkan oleh Komisi Liturgi KWI. Jakarta: OBOR, 2014.

Leks, Stefan. Devosi kepada Kerahiman Ilahi. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

----------. Kompendium Devosi Kerahiman Allah. Yogyakarta: Kanisius, 2016.

----------. Yesus Engkaulah Andalanku: Devosi Kepada Kerahiman Ilahi. Yogyakarta: Kanisius, 1993.

Martasudjita, Emanuel. Liturgi: Pengantar untuk Studi dan Praksis Liturgi. Yogyakarta: Kanisius, 2011.

Manihuruk, Minaria. Relevansi Spiritualitas Vincentius a Paulo dalam Hidup dan Karya Tarekat KYM di Indonesia. Pematang Siantar: Skripsi, 1993.

----------. Hidup Menggereja di Desa dan Kota: Sebuah Tinjauan Antropologis. Medan: Bina Media, 2019.

Narasi dan Isian Lembar Kerja Supervisi 2020 Paroki St. Laurentius Brindisi Pematang Siantar.

Paroki St. Laurentius Brindisi. Pedoman Pelaksanaan Dewan Pastoral Paroki. Pematang Siantar, 2020.

Paus Fransiskus. Bulla Pemberitahuan Yubileum Luar Biasa Kerahiman Misericordiae Vultus (Wajah Kerahiman). Diterjemahkan oleh F.X. Adisusanto, SJ. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2016.

Paus Fransiskus. Ensiklik Misericordiae Vultus (Wajah Kerahiman) (Seri Dokumen Gerejawi no. 99). Diterjemahkan oleh Alfons S. Suhardi. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI-OBOR, 2016.

Paus Paulus VI. Evangelii Nuntiandi (Mewartakan Injil) (Seri Dokumen Gerejawi no. 6). Diterjemahkan oleh Alfons S. Suhardi. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI-OBOR, 1975.

Seraphim Michalenko-Vinny Flynn-Robert A. Stackpole. The Divine Mercy Massage and Devotion. USA: Marian Helper Press, 2008.

Sitanggang, Nicolaus. “Tahun Yubelium Luar Biasa Kerahiman Allah”, dalam Kerahiman Allah Ada di mana-mana. Jakarta: Marian Centre Indonesia, 2016.

Situmorang, Sihol. “Misericordia Vultus: Menelisik Bulla Pemakluman Yubelium Luar Biasa Kerahiman”, dalam Logos, vol. 13 (2 Juni 2016).

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Donobakti, Y. A. ., Girsang, A. B. ., & Situmorang, S. . (2023). PERWUJUDAN BELAS KASIH DEVOSAN KERAHIMAN ILAHI DI PAROKI SANTO LAURENTIUS BRINDISI PEMATANGSIANTAR. LOGOS, 20(2), 189–199. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/LOGOS/article/view/2998

Issue

Section

Artikel