MEMAHAMI ‘Theosis’ DALAM RANGKA TRANSFORMASI DIRI MELALUI EKARISTI DAN SINODALITAS

Authors

  • Thomas Galih Joko Riyanto Fakultas Filsafat-Theologi Universitas Parahyangan-Bandung

Keywords:

Theosis, bersatu dengan Tuhan, Ekaristi, sinodalitas, gambar Allah.

Abstract

Sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, konsep Theosis merupakan salah satu ajaran penting yang harus diketahui. Konsep ini merupakan tujuan akhir hidup manusia, yaitu menyatu dengan Tuhan. Menyatu dengan Tuhan adalah sebuah ajakan agar seseorang dapat mengambil bagian dalam kehidupan-Nya. Artikel ini menawarkan salah satu cara untuk bersatu dengan Tuhan, yaitu melalui Ekaristi dan Sinodalitas. Ekaristi adalah puncak pengharapan dan iman bagi umat Kristiani. Sinodalitas menjadi tindakan nyata yang harus dilakukan agar hidup dalam Tuhan. Hidup dalam Tuhan berarti saling mengasihi dan hidup dalam terang, dan akhirnya menjadi gambar Tuhan. Tidak ada manusia yang dapat mengalami Theosis jika tidak tinggal di dalam Tuhan, menjadi gambar Tuhan dan menyucikan diri dari segala godaan duniawi.

References

Adams, Marilyn McCord. Some Later Medieval_ Theories of The Eucharist: Thomas Aquinas, Gilles of Rome, Duns Scotus, and William Ockham. New York: Oxford University Press, 2010.

Beyer, Douglas. From Kenosis to Theosis: Reflections on the Views of C. S Lewis (artikel).

Finland, Stephen and Kharlamov, Vladimir. Theosis – Deification in Christian Theology. Eugene, Origon: Pickwick Publications, 2006.

Hardiman, F. Budi. Heidegger dan Mistik Keseharian: Suatu Pengantar menuju Sein und Zeit. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2003.

Heidegger, Martin. Being and Time, diterjemahkan oleh John Macquairre dan Edward Robinsosn. Oxford: Basil Blackwell, 1980.

Hudson, Nanci J. Becoming God: The Doctrine of Theosis in Nicholas of Cusa. Washington, D.C: The Catholic University of America Press, 2007.

Martasudjita, E. Ekaristi: Tinjauan Teologis, Liturgis, dan Pastoral. Yogyakarta: Kanisius, 2005.

Mulcahy, Bernard. The Holy Eucharist. USA: Knights of Columbus Supreme Council, 2006.

Prent, K. C. M, Adisubrata, J., dan Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Latin-Indonesia. Semarang: Jajasan Kanisius, 1969.

Rahner, Karl. Encounters with Silence, diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh James M. Demske. Westminister, Maryland: The Newman Press, 1996.

. Nature and Grace: Dilemmas in The Modern Church. New York: Sheed and Ward, 1964.

Setyanta, Oktavianus Eka Novi. “Ekaristi sebagai Kurban dalam Pemikiran Joseph Ratzinger”, Jurnal Teologi. Januari, 2019.

Wenham, J. W. The Elements of NewTestament Greek. Cambridge: Cambridge University Press, 1965.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Riyanto, T. G. J. . (2024). MEMAHAMI ‘Theosis’ DALAM RANGKA TRANSFORMASI DIRI MELALUI EKARISTI DAN SINODALITAS. LOGOS, 21(2), 232–242. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/LOGOS/article/view/3952

Issue

Section

Artikel