MERAYAKAN Å abbÄt, HARI SABAT, TAHUN SABAT & TAHUN YOBEL Inspirasi Biblis Peduli Ekologi
DOI:
https://doi.org/10.54367/logos.v16i1.563Keywords:
- ilmu, teknologi, peradaban, kenyamanan, eksploitasi, krisis ekologi, peduli ekologi, Å¡abbÄt, istirahat, ibadat, hari Sabat, tahun Sabat, tahun YobelAbstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi di satu sisi telah memajukan perababan dan memberi kenyamanan hidup manusia. Di sisi lain keduanya telah menyulut dan memicu kerakusan manusia untuk mengeksploitasi alam dan melahirkan krisis ekologi. Masalah ekologis ini merupakan dampak negatif dari penggunaan ilmu dan teknologi yang tidak tepat guna. Merayakan Hari Sabat, Tahun Sabat dan Tahun Yobel sebagaimana telah dipraktekkan bangsa Israel dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk peduli ekologi. Å abbÄt Allah (Kej 2:1-3) yang menjadi mahkota dari karya penciptaan dalam Kej 1:1-2:4a dan perkembangan selanjutnya dalam Kel 20:8-11 bukan semata-mata untuk keperluan-Nya sendiri, tetapi sebagai model bagi manusia yang harus menahan diri dari kerjanya dan membatasi diri dari sepak terjang kehidupannya. Dengan merayakan Å¡abbÄt manusia bukan saja beristirahat dari kerja tetapi juga beristirahat untuk menikmati sukacita atas segala pemberian Allah dan beribadat kepada-Nya. Norma-norma tentang Hari Sabat, Tahun Sabat dan Tahun Yobel menyajikan pengistirahatan, pembebasan dan pemulihan dari tindakan-tindakan yang eksploitatif baik terhadap tanah, orang dan budak maupun binatang, sehingga orang yang merayakannya dapat terinspirasi untuk peduli ekologiReferences
Amit, Y. “The Jubilee Law – An Attempt at Instituting Social Justiceâ€
dalam H.G. Reventlow – Y. Hoffman (eds.), Justice and Righteousness. Biblical Themes and Their Influence, JSOT Suplement 137. Sheffield, 1992.
Batten, L.W. The Book of Ezra and Nehemiah, ICC. Edinburgh, 1961.
Charles, R.H. Apocrypha and Pseudoepigrapha of Old Testament in English with Introductions and Critical and Explanatory Notes to the Several Books, II. Oxford, 1913.
Childs, B.S. The Book of Exodus. A critical, theological ommentary, OTL. London, 1974.
Chirichigno, G.C. Debt Slavery and the Ancient Near Est, JSTO 141.
Sheffield, 1993.
Cooke, G.A. The Book of Ezekiel, ICC. Edinburgh, 1960.
Craigie, P.C. The Book of Deuteronomy, NICOT. Grand Rapids, 1987.
Damarest, G.W. Leviticus, WBC. Waco, 1990.
de Vaux, R. Le istituzioni dell’Antico Testamento. Torino, 1964 (Ancient Israel. It's Life and Institutions. London, 1994).
Driver, S.R. A Critical and Exegetical Commentary on Deuteronomy, ICC. Edinburgh, 1978/1986.
Gordon, C.H. Sabbatical Cycle or Seasonal Pattern, Orientale 22 (1953), hlm. 79-81
Harper, W.R. Amos and Hosea, ICC. Edinburgh, 1985.
Hartley, J.E. Leviticus, WBC 4. Waco, 1992.
Hubbart, R. “The go’el in Ancient Israel: Theological Reflections on an Israelite Institutionâ€, dalam Bulletin for Biblical Research 1 (1991), hlm. 8-13.
Lemche, N.P. “The Manumission of Slaves – the Fallow Year – the
Sabbatical Year – the Yobel Year†dalam VT 26 (1976), hlm. 38-
Lohse, E. “sabbaton†dalam G. Kittel, Grande Lessico del Nuovo Testamento XI. Brescia, 1977.
Lubsczyk, H. Il Libro di Isaia. Roma, 1972
Meek, T.J. “The Sabbath in the Old Testament†dalam Journal of Biblical Literature 38 (1914), hlm. 210.
Morally, L. Manoscritti di Qumran. Torino, 1972.
Negretti, N. Il Settimo Giorno. Indagine critico-teologico della tradizioni presacerdotali e sacerdotali circa il sabato biblico, Analecta Biblica 55. Rome, 1973.
Noth, M. Esodo. Brescia, 1977.
______ . Leviticus: A Commentary, OTL. London, 1977.
______ . Storia d’Israele. Brescia, 1975.
North, R.G. “yobel†dalam G.J. Botterweck – H. Ringgren, eds., TDOT IV. Grand Rapids, 1990.
Penna, A. Geremia. Torino, 1954.
_____ . I Libri dei Maccabei. Torino, 1953.
Pitta, A. L’Anno della Liberazione: Il giubileo e le sue istanze bibliche. Milano, 1998.
Rinaldi, P.G. I profeti minori I. Torino, 1960.
Ringe, S.H. Jesus, Liberation and Biblical Jubilee: Images for Ethics and Christology. Philadelphia, 1985.
Rostagno, R. Le Gemme della Tora: La Lingua di Israel. Milano, 1999.
Schmidt, W.H. I dieci comandamenti e l’etica veterotestamentaria, Subsidi Biblici 114. Brescia, 1996.
Schurer, E. The History of the Jewish People in the Age of Jesus Christ I.Edinburgh, 1973.
Surip, S. Dari Sabat ke Dominica. Pergeseran Waktu Istirahat dan Ibadat dari Hari Sabtu ke Hari Minggu. Medan, 2001.
_____ . Dari Tahun Sabat ke Tahun Yubileum. Makna Peredaran Waktu dalam Terang Im 25:1-55. Medan, 2000.
Stolz, F. “šbt, terminare, riposare†dalam E. Jenni - C. Westermann, Dizionario Teologico dell’Antico Testamento II. Torino, 1982.
Weinfeld, M. “Sabbatical Year and Jubilee in the Pentateuchal Laws and their Ancient Near Eastern Backgroundâ€, dalam T. Veijola (ed.), The Law in the Bible and its Environment. Helsinki – Gottingen, 1990, hlm. 39-40
Westbrook, R. Property and the Family in Biblical Law, JSOT 241.2.
Sheffield, 1991.
Westermann, C. Genesi. Commentario. Casale Monferrato, 1995.
Whiston, W. penerjemah, The Works of Josephus. USA, 1995.
Wildberger, H. Isaiah 1-12, Continental Commentaries.
Minneapolis,1991.
Wright, C.J.H. God’s People and God’s Land; Family, Land and Property in the Old Testament. Grand Rapids, 1990.
_____ . “Sabbatical Year†dalam D.N. Freedman, The Anchor Bibical Dictionary V. New York, 1992, hlm. 857.
Zappella, M. Le Origini degli Anni Giubilari dalle tavolette in cuneiforme dei Sumeri ai manoscritti arabi del mille dopo Cristo. Casale Monferrato, 1998.
Zimmerli, W. Ezechiel I: A Commentary on the Book of the Prophet Ezekiel Chapter 1-24, Hermeneia. Philadelphia, 1979