HISTORIA ECCLESIASTICA RUFINUS DARI AQUILEIA DAN HISTORIA ECCLESIASTICA THEODORETUS DARI CYRRUS (Sebuah Studi Perbandingan)
Keywords:
Sejarah Gereja, princeps religiosus, kristen, ortodoksi, uskup, heritik, kaisar, kafir, rahib, damai, keselamatan.Abstract
Tujuan penulisan sebuah karya historis, termasuk Sejarah Gereja, tak bisa dilepaskan dari penulisnya. Harapan, kegelisahan dan perjuangan penulis menjadi unsur yang turut menentukan pemilihan dokumen dan alur sejarah yang ia kemukakan. Rufinus dan Theodoretus memiliki kepentingan yang berbeda Dalam melaporkan peristiwa, baik mengenai relasi Gereja dan kekaisaran, maupun peristiwa internal Gereja. Rufinus menempatkan semua aktivitas misioner Gereja Katolik pada masa pemerintahan Kaisar Konstantinus dan bukan pada periode kekaisaran Konstansus. Dengan itu Rufinus mau menyatakan bahwa aktivitas misioner ini dapat terjadi karena kehendak yang Ilahi pada masa pemerintahan seorang kaisar yang ideal, seorang princeps religiosus. Theodoretus, uskup Cyrrus, hidup dalam periode kala sejumlah guncangan tengah menimpa baik Gereja maupun Kekaisaran Romawi. Sebagai pembela setia iman ortodoks, Theodoretus berhadapan dengan sejumlah aliran heritik dan kekafiran yang mengancam kedamaian dalam Gereja. Untuk itu, Theodoretus sangat menekankan pentingnya koalisi antara pemimpin Gereja dengan kaisar penganut ajaran iman ortodoks. Kerja sama itulah yang melahirkan damai baik dalam Gereja maupun Kekaisaran. Serangan terhadap kekafirkan, khususnya aliran heretik, dan penekanan peranan para rahib menjadi unsur dominan dalam Sejarah Gereja yang ditulis oleh Theodoretus. Untuk mencapai maksudnya, Thedoretus tak sungkan-sungkan memodifikasi alur sejarah.References
Ambrosius, Epistola, 75a,36, Milano: Biblioteca Ambrosiana, 1988.
Atanasius, Apolologia contra Arianos, Roma: Città Nuova, 2005.
Baglivi, N., “Constantino ‘segno di contradizzione’: il tempo e le maschere di Costantinoâ€, dalam Augustinianum 41 (2001), hlm. 394-407.
Bardy, G., “La crisi ariana†dalam G.D. Gordini (editor) Storia della Chiesa, dalle origini ai nostri giorni, vol. III: Dalla pace costantiniana alla morte di Teodosio (313-395), Torino: S.A.I.E, 1972.
Batiffol, P., La paix constantinienne et le chatolicisme, Paris: J. Gabalda, 1929.
Brezzi,P., La politica religiosa di Costantino, Napoli: Libreria Scientifica, 1970.
Casamassa, A., “I documenti della ‘Vita Constantini’ di Eusebio Cesareense†dalam Scritti Patristici 1, Romae: Facultas Theologica Pontificii Athenaei Lateranensis, 1955-1956, hlm. 2-4.
Di Cirro, Theodoreto, Storia ecclesiastica (introduzione, traduzione e note a cura di Antonio Gallico), Roma: Città Nuova, 2000.
De Urbina, I.O., “La politica di Costantino nella controversia ariana†dalam Atti del V congresso internazionale di Studi Bizantini, Roma 20-26 settembre 1936, hlm.284-298.
De Urbina, I.O., “L’opera di S. Atanasio per tutte le chiese dopo Niceaâ€, dalam Augustinianum 13 (1973), hlm. 411-423.
Eusebius, Vita Costantini, Napoli: M. D’Auria, 1984.
Eusebius Laus Costantini, Napoli: M. D’Auria, 1984.
Ewig, K.B.E., Storia della Chiesa vol.II: L’epoca dei concili IV-V secolo, Milano: Pauline, 1977.
Kannengieser, C., “Alessandro di Costantinopoli†dalam A. di Berardino (ed.), Dizionario Patristico e di Antichità Christiana, Vol. 1, Marietti: Casale Monferrato, hlm. 135-136.
Moligen, A.L., “La mort d’Ariusâ€, dalam Byzantion 38 (1968), hlm. 105-111.
Neyman, J.R., “The Synod at Antioch (324-325) and The Council of Nicaea†dalam Studia Patristica 4 (1961), hlm. 483-489.
Rufino, Storia della Chiesa (introduzione, traduzione e note a cura di Lorenzo Dattrino), Roma: Città Nuova, 1997.
Ruggini, L.C., “Universalità e campanilismo centro e periferia, città e deserto nelle storie ecclesiatiche nella tarda antichità †dalam La Storiografia ecclesiastica nella tarda antichità , Atti del convegno tenuto in Erice, Messina: Centro di Studi Umanistici 1980, hlm. 159-194.
Simonetti, M., Studi sull’arianesimo, Roma: Studium,1965.
Simonetti, M., “Atanasio e la lotta contro gli arianiâ€, dalam Simonetti, M. (ed), Studi sull’arianesimo, Roma: Studium,1965.
Simonetti, M., La Crisi ariana nel IV secolo, Roma: Institutum Patristicum Augustinianum, 1975.
Socrates, Historia ecclesiastica, Paris: Les Editions du Cerf, 2004-2007.
Sozomenus, Historia ecclesiastica, Paris: Les Editions du Cert, 1996.
Telfer, W., “Constantine’s Holy Land Plan†dalam Studia Patristica 1 (1957), hlm. 696-700.
Thelamon, F., “L’empereur idéal d’après ecclésiatique du Rufin d’ Aquuilée†dalam Studia Patristica 10 (1970), hlm. 310-314.
Villain, M., “Rufin d’Aquuilée et l’histoire ecclésiatique†dalam Recherches de Science Religieuse 33 (1946), hlm. 164-210.