PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE ZIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD RK NOMOR 3 SIBOLGA PADA SUB TEMA TUMBUHAN SAHABATKU
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1621Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe ZigsawAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Zigsaw pada sub tema tumbuhan sahabatku kelas VI SD RK Nomor 3 Sibolga. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan melibatkan keaktifan belajar siswa. Subjek penelitian siswa kelas VI SD RK Nomor 3 Sibolga tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Zigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penerapan metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Zigsaw Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas VI SD RK Nomor 3 Sibolga dapat disimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada sub tema tumbuhan sahabatku. Kesimpulan hipotesis dapat diterima.References
Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Anita Lie. 2008. Mempraktekkan cooperative learning di ruang kelas. Jakarta: Gramedia
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan Rineka Cipta.
Doymus, Kemal. 2009. Effects of Two Cooperative Learning Strategies on Teaching and Learning of Thermochemistry. World Applied Sciences Journal. IDOSI. Vol 7 (1): 34-42
Gene L.Wilkinson. 1984. Media dalam Pembelajaran, Penelitian Selama 60 Tahun. Jakarta: Rajawali
Hamzah B Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani.2007.Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakartya:CSTD
Ike Nurfadilah. 2006. Efektifitas Penggunaan Metode Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 13 Malang.(online) (http://sukses-skripsi.co, diakses 15 Desember 2010)
Isjoni dan Mohd.Arif.Hj.Ismail. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indinesia-Malaysia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ivor K Davis.1987. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press
Lexy J Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarja
Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Mardalis. 1990. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara
Mattew B Miles&A Michael Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- metode Baru. Jakarta: UI Press.
Mel Siberman. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajarn Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Mubbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyani Sumatri dan Johar Permana,H. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana
Nana Syaodih Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. 1990.Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Norintan, A. M. 2008. Learning through teaching and sharing in the jigsaw classroom. The Journal of Annals of Dentistry. University of Malaya.Vol 15 (2): 71-76
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: PT Gramedia
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Robertus Angkowo dan A.Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar