PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE ZIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD RK NOMOR 3 SIBOLGA PADA SUB TEMA TUMBUHAN SAHABATKU

Authors

  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1621

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Zigsaw

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Zigsaw pada sub tema tumbuhan sahabatku kelas VI SD RK Nomor 3 Sibolga. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan melibatkan keaktifan belajar siswa. Subjek penelitian siswa kelas VI SD RK Nomor 3 Sibolga tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Zigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penerapan metode pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Zigsaw Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas VI SD RK Nomor 3 Sibolga dapat disimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada sub tema tumbuhan sahabatku. Kesimpulan hipotesis dapat diterima.

Author Biography

Juni Agus Simaremare, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Google Scholar Scopus ID : 57200984420 Orcid ID : orcid.org/0000-0002-2258-7418

References

Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Anita Lie. 2008. Mempraktekkan cooperative learning di ruang kelas. Jakarta: Gramedia

Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan Rineka Cipta.

Doymus, Kemal. 2009. Effects of Two Cooperative Learning Strategies on Teaching and Learning of Thermochemistry. World Applied Sciences Journal. IDOSI. Vol 7 (1): 34-42

Gene L.Wilkinson. 1984. Media dalam Pembelajaran, Penelitian Selama 60 Tahun. Jakarta: Rajawali

Hamzah B Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani.2007.Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakartya:CSTD

Ike Nurfadilah. 2006. Efektifitas Penggunaan Metode Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 13 Malang.(online) (http://sukses-skripsi.co, diakses 15 Desember 2010)

Isjoni dan Mohd.Arif.Hj.Ismail. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indinesia-Malaysia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ivor K Davis.1987. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Kunandar. 2003. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press

Lexy J Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarja

Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardalis. 1990. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Mattew B Miles&A Michael Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- metode Baru. Jakarta: UI Press.

Mel Siberman. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajarn Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Mubbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyani Sumatri dan Johar Permana,H. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana

Nana Syaodih Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 1990.Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Norintan, A. M. 2008. Learning through teaching and sharing in the jigsaw classroom. The Journal of Annals of Dentistry. University of Malaya.Vol 15 (2): 71-76

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: PT Gramedia

Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Robertus Angkowo dan A.Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo

Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar

Downloads

Published

2022-01-06

How to Cite

Simaremare, J. A. . (2022). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE ZIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD RK NOMOR 3 SIBOLGA PADA SUB TEMA TUMBUHAN SAHABATKU. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 4(2), 138–149. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1621

Issue

Section

Artikel