PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI

Authors

  • Asnita Hasibuan FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Candra Ronitua Gultom FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Widia Simanungkalit Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Discovery Learning, Kemampuan Menulis, Teks Persuasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII-2 dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap pelaksanaan terdiri dari lima tahapan sesuai dengan model Discovery Learning, yaitu 1) pemberian rangsangan, 2) pertanyaan/identifikasi masalah, 3) pengumpulan data, 4) pengolahan data, 5) pemeriksaan data serta 6) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Budi Murni 4 Medan yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan test menulis persuasi setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Discovery Learning yang berorientasi HOTS meningkatkan kemampuan siswa menulis teks persuasi. Pada pra siklus diperoleh bahwa nilai rata-rata 50,07, dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 8%. Pada siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan model Discovery Learning dengan nilai rata-rata 67,77 dan tingkat ketuntasan secara klaiskal sebesar 38% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 79,50 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 85% sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Sehingga kemampuan menulis teks persuasi menunjukan hasil yang signifikan. Pada siklus I sebesar 38% atau sebanyak 10 siswa, meningkat pada siklus II 85% sebanyak 22 siswa telah berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 75. Model pembelajaran Discovery Learning yang berorientasi HOTS dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis persuasi

References

Aqib. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SMP/MTs. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Arikunto, Suhardjono, Supardi (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariyana, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Armiyanti. (2019). Pendekatan Klarifikasi Nilai Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS.

Malang: Media Nusa Creative.

Asrul, Annad, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka

Media.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PR Rajagrafindo Persada.

Dinar Vincy YB, F Y. (2021). Implementasi Penggunaan Metode Higher Order Thinking Skill dalam Meningkatkan Kemampuan Writing Siswa SMK Negeri 3 Pemekasan. (Jurnal Abdiku) Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 4. No 1.

Handajani. (2020). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Helaluddin & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Medani.

Helmawati. (2022). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kosasaih. (2021). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, & Kurniawan, E. (2018). Jenis-jenis Teks. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Nugroho (2021). Higher Order Thinking Skill. Jakarta: PT Gramedia Widiasarna Indonesia.

Pamungkas. (2018). Penerapan Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Kajian Pendidikan Islam. Vol. 8. No.1.

Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. (20017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.

Sani (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tanggerang: Tira Smart.

Sakila. (2020). Penerapan Model Discovery Learning yang Berorentasi HOTS dalam Pembelajaran Materi Teks Deskripsi di Kelas VII. Jurnal Sirok Bastra. Vol 8. No 2.

Semi. (2017). Dasar-dasar keterampilan Menulis. Bandung: Penerbit Angkasa.

Siti Rukmini, R. L. (2021). Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4. No 2.

Suryani. (2022). Mengenal “HOTS” (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis. Bandung: Angkasa Bandung.

Tiwery. (2019). Kekuatan dan Kelemahan Model Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill). Malang: Media Nusa Creative.

Warti. (2019). Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) Melalui Penerapan Berbagai Metode. Malang: Media Nusa Creative.

Yulaikawati. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menelaah Teks Prosedur Melalui Model Discovery Learning Dengan Strategi Proses Teks. Tanggerang Selatan: Indocamp.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Hasibuan, A. ., Gultom, C. R. ., & Simanungkalit, W. (2023). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 103–117. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3024

Issue

Section

Artikel