Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan

Authors

  • Teresia Agustina Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen
  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3076

Keywords:

pendekatan multimodal, mengidentifikasi teks ulasan, teks ulasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest Post-test Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 30 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian Pretest dan Post-test dengan menggunakan pendekatan multimodal, diperoleh nilai rata-rata Pretest yaitu 60,53 dan Post-test yaitu 77,83. Dari hasil pengujian hipotesis dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 0,05 yaitu 1,861 Ttabel. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel = -9,6573<1,861. Dengan demikian apabila Ho ditolak, maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Panjaitan, T. A. ., Siagian, B. A. ., & Saragih, E. L. L. . (2023). Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 174–185. https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3076

Issue

Section

Artikel