Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3076Keywords:
pendekatan multimodal, mengidentifikasi teks ulasan, teks ulasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest Post-test Design. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 30 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian Pretest dan Post-test dengan menggunakan pendekatan multimodal, diperoleh nilai rata-rata Pretest yaitu 60,53 dan Post-test yaitu 77,83. Dari hasil pengujian hipotesis dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 0,05 yaitu 1,861 Ttabel. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel = -9,6573<1,861. Dengan demikian apabila Ho ditolak, maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pengaruh pendekatan multimodal terhadap kemampuan mengidentifikasi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.Downloads
Published
2023-12-28
How to Cite
Panjaitan, T. A. ., Siagian, B. A. ., & Saragih, E. L. L. . (2023). Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 174–185. https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3076
Issue
Section
Artikel