KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Bekty Tandaningtyas Sundoro Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Keywords:

Kualitas proses pembelajaran, kelas menulis, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran menulis di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Sumber data penelitian ini yaitu informan, hasil observasi, dan peristiwa. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMK di kelas Administrasi Perkantoran. Observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung proses pembelajaran di kelas, dan peristiwa yang menjadi data adalah kondisi antara penggunaan model dan tanpa penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini membandingkan sebuah proses pembelajaran menulis antara menggunakan model dan tidak menggunakan model. Model yang diterapkan berupa problem based learning. Siswa diberikan masalah berupa bacaan atau teks untuk merangsang ide dan gagasan yang dimunculkan oleh siswa. Masalah yang dibagikan memiliki topik atau tema yang berkaitan dengan siswa dan jurusannya. Hasil penelitian menunjukan penerapan model PBL dapat memberikan kualitas proses yang lebih baik dalam proses pembelajaran menulis. Kualitas proses meningkat dari segi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis.

References

Ariani, D. W. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri Klari Karawang Tahun Pelajaran 2010/2011. Suara Pendidikan, 30(2), 9-14.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (K. Kartono. (ed.)). PT Raja Grafindo Persada.

Collier, S. M., Scheld, S., Barnard, I., & Stallcup, J. (2015). The Negotiation and Development of Writing Teacher Identities in Elementary Education. 4, 90-112. http://digitalcommons.chapman.edu/english_articles

Darmayanti, I. A. M. (2014). Peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2-3(Jilid 47), 145-154.

Dastgeer, G., & Tanveer Afzal, M. (2015). Improving English Writing Skill: A Case of Problem Based Learning. American Journal of Educational Research, 3(10), 1315-1319.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sundoro, B. T. (2023). KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 243–252. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3108

Issue

Section

Artikel