HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 095551 KECAMATAN SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3200Keywords:
V SDN 095551 Kecamatan Siantar , minat baca, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 095551 Kecamatan Siantar tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 095551 Kecamatan Siantar, dan sampel pada penelitian ini berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, karena populasi dari siswa kelas V SD Negeri 095551 Kecamatan Siantar seluruhnya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket, teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data yaitu uji validitas dan reliabilitas untuk uji coba dan uji sebenarnya menggunakan uji normalitas, uji linearitas,korelasi product moment , dan koefisien determinasi (KD). Dari data yang telah dianalisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubunganyang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 095551 Kecamatan Siantar Tahun Ajaran 2023/2024 karena nilai rhitung > rtabel (0,450 > 0,349) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Erizal,A., Suryadin ,& Romadon. (2021).Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 1 lepar Pongok Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1.No.1, Hal 30-38
Franz, Kurt., dan Meier, Bernhard. 1994. Membina Minat Baca. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Galuh Rahma Dani, Nuraeni Abbas (2021) Hubungan minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. ISSN 2252-6366 hal.42
Harjanto, Bob. 2011. Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books.
Naim, Ngainun. 2013. The Power of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Purba, N. A. (2020). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa,
Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 3,21–25.https://doi.org/
54367/ pendistra.v3i1.773
Nancy Angelia Purba. 2022. Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar . Jawa barat: Indonesia Emas Group
Pers. Djaali. 201 4. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Aksara.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Shofaussamawati. 2014. Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan pada Anak Sejak Dini. Jurnal Perpustakaan Libraria. Volume 2 (Nomor 1: 46-59).
Sudarsana, Undang., dan Bastiano. 2010. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi, Ismail. 2013 Model-model Pembelajaran Moderen: Bekal untuk Guru Profesional. Jogjakarta: Tunas Gemilang Press.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sri Agustin,Sujarwo.2022. Hubungan minat baca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas V SDN 107428 Teluk Ibus. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol.2,(hal:10-17)
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Winatapurta, Udin S., dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka