Analisis Sosiolinguistik Ragam Bahasa dalam Komunikasi di Media Sosial Oleh Generasi Milenial Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur

Authors

  • Fitria Nur Rahmadani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa TImur
  • Muhammad Arly Fajar Ramadhan
  • Putri Olivia Agustin
  • Ahmad Zidane Albany
  • Iffah Sovie Septyasari
  • Muhammad Fauzi Taj Aziz
  • Riffat Muhammad
  • Rahma Dwi Fitriana
  • Endang Sholihatin

Keywords:

mahasiswa, media sosial, ragam bahasa, sosiolinguistik, UPN

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1.) Untuk Mengetahui Ragam Bahasa dalam Komunikasi di Media Sosial Oleh Generasi Milenial Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur 2.) Untuk Mengetahui Dampak dari Ragam Bahasa dalam Komunikasi di Media Sosial Oleh Generasi Milenial Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur 3.) Untuk Mengetahui Upaya Meningkatkan Strategi Komunikasi yang Lebih Efektif Dalam Lingkungan Digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang mencakup teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian yaitu 1.) Ragam Bahasa dalam Komunikasi di Media Sosial Oleh Generasi Milenial Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yaitu Ragam Bahasa Tulis Nonformal yang berupa Bahasa Gaul sehingga menambah variasi atau kosakata bahasa gaul. 2.) Dampak dari Ragam Bahasa dalam Komunikasi di Media Sosial Oleh Generasi Milenial Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur yaitu Dampak positif dari penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi di media sosial mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur adalah menciptakan suasana yang lebih santai dan akrab. Bahasa gaul dapat mempererat hubungan antar-mahasiswa dan memudahkan ekspresi ide dan perasaan. Namun, dampak negatifnya berisiko munculnya miskomunikasi atau kurangnya kesan formal dalam beberapa situasi. Penggunaan bahasa gaul yang berlebihan bisa menurunkan tingkat profesionalisme dalam komunikasi, terutama dalam konteks akademis atau formal. 3.) Untuk Mengetahui Upaya Meningkatkan Strategi Komunikasi yang Lebih Efektif Dalam Lingkungan Digital yaitu: memahami target audiens, membuat konten yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi audiens, menentukan platform media sosial yang paling sesuai dengan audiens, memahami prinsip dasar SEO untuk meningkatkan visibilitas konten, menggunakan Gambar dan Video konten visual yang lebih menarik perhatian, menggunakan gambar dan video yang berkualitas tinggi, memberikan respons yang cepat terhadap komentar dan pertanyaan, menggunakan email marketing untuk tetap terhubung dengan pelanggan, menggunakan alat analisis untuk melacak kinerja dan Evaluasi data, fokus terhadap konten yang memberikan nilai tambah bagi audiens, up-to-date dengan tren dan perkembangan di lingkungan digital bekerja sama dengan pengaruh di industri, melakukan pemantauan atas ulasan dan umpan balik online serta menanggapi secara positif terhadap umpan balik negatif dan berupaya memperbaiki masalah.

References

Agus, E., & Zulfahmi, Z. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 2(1), 26-33.

Anasti, H. P., Thahar, H. E., & Afnita, A. (2022). Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Teks Fabel dengan Pendekatan Komunikatif. Jurnal Basicedu, 6(1), 646-655.

Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 358-368.

Hidayatullah, S., dkk. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food, 6(2), 240-249.

Kridalaksana, H. (2013). Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Luthfiyah, A., Martia, C., & Nurhasanah, F. (2021). Pengaruh Platform Media Sosial Terhadap Minat Generas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10869-10875.

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian, 306-319.

Nugraha, D., & Sufanti, M. (2023). Isu Terkini dalam Pembelajaran Sastra: Kelimpahan Informasi, Kecerdasan Buatan, dan Literasi Digital, 8(1), 64-83.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Rokhman, D. (2013). Jurnal Basicedu: Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar, 6(6), 2-19.

Sallamah, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Berkehidupan di Era Globalisasi. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(4), 123-128.

Saragih, Desi Karolina. (2017). Bahasa dan Ragam Bahasa Pada Pendidikan Anak Sekolah, 6(2), 14-27.

Sari, Deti. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra: Ragam Bahasa dan Karakteristik Pemakaian Bahasa Lisan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan, 2(3), 223-241.

Sari, N. R. L. (2020). Pengaruh Kosakata Baru terhadap Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid 19 (Coronavirus Disease 2019). Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1), 1-7.

Sholihatin, E., dkk. (2023). ANALISIS KEJAHATAN BERBAHASA AKIBAT KONTEN MEDIA SOSIAL EKIDA REHAN "BERJOGET MENGGUNAKAN ATRIBUT DOKTER" DI TWITTER, 3(3), 838-848.

Sholihatin, E., dkk. (2023). Analysis of Indonesian Language Preferences in UPN "Veteran" Jawa Timur Students as Website-Based Information System Users, 6(1),

Sholihatin, E., dkk. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, 5(1), 1-10.

Sholihatin, E., dkk. (2023). Ragam Bahasa dalam Pelayanan Perpustakaan di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, 10(2), 203-214.

Sholihatin, E., dkk. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA BAKU DALAM PEMBELAJARAN DI FAKULTAS TEKNIK UPN "VETERAN" JAWA TIMUR GUNA MENINGKATKAN NASIONALISME SEBAGAI KAMPUS BELA NEGARA, 2(1), 31-41.

Sholihatin, E., Maulah, N. S., Kartiko, I. V., Juliana, J., Agustin, K. N. W., Retno, D. P., & Istiqomah, W. N. (2023). Ragam Bahasa dalam Pelayanan Perpustakaan di Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Jawa Timur. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 10(2).

Zulaecha, N. N., Hafidz, H., Pertiwi, B. N. O., & Nashihin, H. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Dakwah Digital dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 534-547.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Fitria Nur Rahmadani, Muhammad Arly Fajar Ramadhan, Putri Olivia Agustin, Ahmad Zidane Albany, Iffah Sovie Septyasari, Muhammad Fauzi Taj Aziz, Riffat Muhammad, Rahma Dwi Fitriana, & Endang Sholihatin. (2023). Analisis Sosiolinguistik Ragam Bahasa dalam Komunikasi di Media Sosial Oleh Generasi Milenial Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 253–263. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3227

Issue

Section

Artikel