ANALISIS KALIMAT EFEKTIF PADA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN

Authors

  • Esra Perangin-angin Universitas Prima indonesia
  • Manna Uli Sibuea Universitas Prima Indonesia
  • Maya Angelia Universitas Prima Indonesia
  • Sri Dinanta Beru Ginting Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3618

Keywords:

Kalimat efektif, Teks berita, SMP Negeri 7 Medan

Abstract

Penelitian ini menganalisis kalimat efektif pada teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pikiran atau gagasan penulisnya sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Kalimat efektif mampu membuat pendengar atau pembaca memahami dan memaknai apa yang dimaksud penulis dalam menyampaikan informasinya. Adapun tujuan untuk mengetahui kalimat efektif pada teks berita serta memahami bentuk atau wujud kalimat efektif pada teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan model Milles dan Humberman model analisis interaktif mempunyai 3 komponen reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (drawing and verifying conclusions). Data penelitian ini adalah kesalahan kalimat efektif pada teks berita. Sumber data penelitian ini adalah teks berita siswa. Hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan kalimat efektif pada teks berita siswa belum mengarah pada keefektifan kalimat, karena syarat untuk mencapai kalimat efektif belum terpenuhi. Dari dua puluh sembilan teks berita siswa ditemukan banyak kesalahan, yaitu ditemukan empat kesalahan pada aspek kesepadanan dan kesatuan, empat kesalahan pada aspek kesejajaran (paralelisme), lima kesalahan pada aspek penekanan dalam kalimat, dan enam belas kesalahan pada aspek kehematan.

References

Adji, D. T. (2016). Wayang Kulit Sebagai Media Komunikasi Pembangunan (Studi Deskriptif Tentang Pertunjukan Wayang Kulit pada Paguyuban Suko Budoyo Sebagai Media Penyampaian Pesan Pembangunan Di Kabupaten Serdang Bedagai).

Amril, K. J., & Emidar, E. (2020). Keefektifan Kalimat dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 37-45.

Ariyanti, R. (2019). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata pada koran Mercusuar. Bahasa dan Sastra, 4(4).,

Gusmara, E., Sulistiasih, S., & Khair, A. (2017). Penggunaan Media Realia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(8).

Hasanah, S. M. (2023). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi (Think Talk Write) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penggunaan Kalimat Efektif Pada Teks Berita. sarasvati, 5(1), 93-107.

Herawati, R., Sihombing, M., Warjio, W., & Kadir, A. (2020). Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Karo Nomor 2 Tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Karo. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 2638.

HIDAYAT, R. (2019). Pengaruh Pengetahuan Perkoperasian dan Manajeril Pengurus Terhadap Partisipasi Sebagai Anggot Koperasi (Survei Pada Koperasi Siswa MAN 1 Kabupaten Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Listika, M., Susetyo, S., & Yanti, N. (2019). Penggunaan Kalimat Efektif pada Artikelopen Journal System (OJS) Korpus. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(2), 183-190.

LUTUNANU, A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Mengubah Kalimat Tidak Efektif Menjadi Kalimat Efektif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 046421 KUBU SIMBELANG TAHUN AJARAN 2020/2021 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).

Perangin-Angin, E., Simamora, K. W., Sirait, Y. E., Simanungkalit, M., & Ginting, S. D. B. (2022). Analisis kesalahan berbahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Swasta Bersubsidi Budi Sukamaju. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 456-471.

Rosa, A. Keefektifan Kalimat Dalam Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Koto Baru .

Syafira, D., & Zulfikarni, Z. (2019). Keefektifan Kalimat dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(4), 6-13.

Ulfasari, A., & Ellya Ratna, Z. (2017). Keefektifan kalimat dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 93-101.

Wibowo, W. (2011). Cara cerdas menulis. Penerbit Buku Kompas.

Wirantika, G., Putrayasa, I. B., & Darmayanti, I. A. M. (2020). Efektivitas Kalimat Teks Berita dalam Siaran RRI Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(1), 50-56.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Perangin-angin, E., Sibuea, M. U., Angelia, M., & Beru Ginting, S. D. (2024). ANALISIS KALIMAT EFEKTIF PADA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 63–71. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3618

Issue

Section

Artikel