PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 122358

Authors

  • Tiara K Sinaga Universitas HKBP Pematang Siantar
  • Theresia Monika Siahaan
  • Melvin Melanthon Simanjuntak

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3933

Keywords:

Project Based Learning (PJBL), IPAS, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pejaran IPAS di kelas IV UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurang maksimal nya dalam menerapkan model pembelajaran pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain Pre-Eksperimen Design dengan mengggunakan One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar yang berjumlah 28. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis (Uji-t). Hasil Penelitian ini menunjukkan = 14.8229 dan = 2.051. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa  >  yaitu 14.995 > 2.051. Hal ini berarti  diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 122358 Pematangsiantar T.A 2023/2024.

References

Amalia Fitri, dkk (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta: Pusat kurikulum dan Perbukuan badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merseka. JPGSD, 11(9), 1841-1854.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SD melalui Project Based Learning. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82-95.

Barutu, A., Rahimah, D., & Herawaty, D. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Media Kartu Soal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 143-147.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37-64.

Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31-46.

Marianus, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Praja Muda Karana Kelas III SD RK Budi Luhur Medan Denai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2286-2296.

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. "Pengaruh model project based learning (pjbl) terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar." Jurnal Basicedu 5.1 (2020): 327-333.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish

Oktaffi, L., Manasikana. (2023). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru SMP. Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Pd, L. M., & YUsran, L. J. (2016). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Kristen Kandora. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 33-40.

Puspitasari, V., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Ipas Siswa Kelas 4 Dengan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2517-2530.

Putri, S. D. M. (2023). PENERAPAN MODEL pretest UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA SD. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1486-1496.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). eval_uasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadia, S., & Retnasari, D. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 18(1).

Samosir, L., Napitupulu, R. P., & Sianturi, C. L. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Subtema 2 Manusia Dan Lingkungan Di SD Negeri 106857 Ampera. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 1(2), 56-69.

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603.

Sutomo, dkk. (2023). Model-Model pembelajran. Jawa Tengah: Lakeisha.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Y.F. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 langgini kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57-68.

Utami, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD Negeri Manggihan (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Widiyastuti, R., Mubarokah, G., & Istiqomah, I. (2023). Posisi Mata Pelajaran IPA dan IPS Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 196-211.

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sinaga, T. K., Siahaan, T. M., & Simanjuntak, M. M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 122358. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 26–33. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3933

Issue

Section

Artikel