PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP SANTO YOSEPH MEDAN
Keywords:
Project Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks BeritaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Santo Yoseph Medan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP Santo Yoseph Medan. Jenis penelitian ini ialah penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design yang menggunakan 2 kelas. Sampel yang dipilih adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Tes dalam bentuk soal essay. Teknik analisa data dilakukan secara kuantitatif. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata posttest keterampilan menulis teks berita kelas VII A selaku kelas yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning adalah 82,02 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest keterampilan menulis teks berita kelas VII B selaku kelas yang menerima pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yaitu 57,14. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 11,62 dan ttabel = 1,99 maka nilai Thitung > Ttabel sehingga diterima H1 atau Ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP Santo Yoseph Medan.References
Afriana, L. (2020). Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. In Sudrajat, T., & Anggraini, D. (Eds.), Model Pembelajaran Inovatif (pp. 25-38). Yogyakarta: Media Pressindo
Anggraini, D., & Manaf, N. A. (2019). Kontribusi Pengetahuan Jurnalistik terhadap Keterampilan Menulis Berita Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 20(1), 56-67.
Apriyanti, D. K. (2022). Kemampuan Membaca Kritis Teks Berita Pada Mahasiswa Strata-1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Angkatan 2020. (Skripsi: Universitas Lampung, Bandar Lampung).
Bunga Febrimora Hendri. (2021). Pengaruh model PjBL berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Chaer, A. (2010). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Destriani, R. N. D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Menulis Berbasis Project Based Learning Untuk Siswa Smp. (Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Jambi).
Effendi, D. I. (2020). Analisis Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Kelas X SMAN se-Kota Banda Aceh. Master Bahasa,8(2), 482-491.
Ermanto. (2009). Dasar-Dasar Jurnalistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Eti Sunarsih. (2016). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Febriani, R., Asbari, M., & Yani, A. (2023). Resensi Buku: Berani Berubah untuk Hidup Lebih Baik. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1(01), 1-6.
Hendri, B. F. (2021). Pengaruh Model Berbasis PjBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Eksplanasi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 174-180.
Irsyad, A. M., & Anggraini, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 114-121.
Karimi, A. (2019). Penulisan Berita dan Jurnalistik Modern. Bandung: Alfabeta
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-334). Cambridge: Cambridge University Press.
Kosasih, E. (2014). Kompetensi Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Bandung: Yrama Widya.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-334). Cambridge: Cambridge University Press.
Mirandani, R. M., & Indihadi, D. (2022). Keterampilan Menulis Slogan Berbasis Pengalaman Membaca Teks Narasi Peserta Didik SD Kelas V. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 267-274.
Prihatin, Y. (2021). Problematika Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan, 6(2), 136-145.
Purnomo, Y. W., Sudrajat, T., & Anggraini, D. (2019). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 114-121.
Putri, H. P. (2022). Analisis Teknik Penulisan Berita dalam Meningkatkan Kualitas Berita pada Media Sosial YouTube Jurnal 12. (Skripsi, IAIN, Ponorogo).
Rahayu, Y. W. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Dan Menyimpulkan Isi Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). (Skripsi, Universitas Siliwangi. Tasikmalaya).
Sidiq, V.A.R.A,. dkk. (2022). Analisis Struktur Dan Unsur Berita Detik.Com Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Bahasa. 11(2)
Sinambela, L. P. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif - Teori dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.
Solomon, G. (2003). Project-Based Learning: A Primer. Technology & Learning, 23(6), 20-27.
Sudjana. (2022). Metode Statistika. Bandung : Alfabeta.
Sudrajat, A., dan Eneng H. (2020). Modul Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI.
Sukirman. (2020). Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Suhandang, K. (2010). Menulis Berita dan Feature: Panduan Praktis Jurnalisme. Bandung: Nuansa.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. California: Autodesk Foundation.
Widiyarti, G., Sitepu, K. A., & Peranginangin, A. P. (2023). Kegiatan pembinaan dan pengembangan minat baca (pelatihan menulis) bagi guru-guru SMP se-Kota Medan. Jurnal Abdi Mas Adzkia, 3(2), 76-82.
Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 59-67.
Wahyudi. (2017). Penulisan Berita dan Jurnalistik Modern. Bandung: Alfabeta.
Yulianti, T. U., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Pengaruh Belajar Berkelompok Terhadap Keterampilan Menulis Iklan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 300-306)