https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/issue/feed Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) 2024-07-02T15:01:06+02:00 Candra Ronitua Gultom Candra_Gultom@ust.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I <strong>Juni</strong> dan Periode II <strong>Desember</strong> . Pendidikan Bahasa Indonesia &amp; Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan bidang-bidang tersebut.</p> https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3151 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 1 KELAS IV UPTD SD NEGERI 122350 KOTA PEMATANG SIANTAR 2023-11-03T11:56:17+01:00 Dea Cristivani Situmorang deakristivani@gmail.com Janwar tambunan janwartambunan@uhn.ac.id Melvin Simanjuntak melvin.stak@gmail.com <p>Based on the research results, it was found that the use of the STAD (Student Team Achievement Division) learning model had an influence in improving student learning outcomes in subtheme 1 class IV UPTD SD Negeri 122350 Pematang Siantar City FY 2022/2023. Research data supports this conclusion. Researchers found that the pretest score of class IV students was 43.43 and their posttest score was 76.93. The hypothesis in the paired sample t test shows that the sig (2-tailed) value is smaller than 0.05 (0.00 &lt; 0.05) and tcount &gt; ttable (13.587 &gt; 2.056), indicating that the STAD (Student Team Achievement Division) learning model influence on student learning outcomes in sub-theme 1 theme 2 class IV UPTD SD Negeri 122350 Pematang Siantar City T.A 2022/2023.</p> 2024-07-02T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3206 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V 2023-11-20T08:31:31+01:00 Bunga Ulina Sitepu bungaulina764@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh dari model pembelajaran <em>T</em><em>eam Assisted Individualization </em>(TAI) pada pembelajaran Matematika di SD khususnya materi debit dengan menerapkan model <em>T</em><em>eam Assisted Individualization </em>(TAI) pada siswa kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK dengan sampel kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan tabel 4.10 &nbsp;diatas didapatkan t<sub>hitung </sub>= 67,432 &nbsp;dengan tingkat signifikan (2-tailed) 0,000 probabilitas signifikan &lt; 0,05, t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> = 67,432 &nbsp;&gt; 02,086 &nbsp;maka H<sub>0 </sub>ditolak dan H<sub>a </sub>diterima. Penjelasan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Team Assisted Individualization </em>(TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi debit kelas V SD NEGERI 091609 SINAKSAK.</p> 2024-07-02T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3146 Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku Kelas III UPTD SDN 122380 Kain Suji 2023-11-03T11:20:03+01:00 Melvi Unika Dewi Saragih Saragih melviunikadewi76@gmail.com Aprido Bernando Simamora aprido.simamora@uhnp.ac.id Melvin Simanjuntak melvin.stak@gmail.com <p>Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) bepengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema 2 kelas III UPTD SD Negeri 122380 Kain Suji TA 2022/2023. Data penelitian mendukung kesimpulan ini. Peneliti menemukan bahwa nilai pretest siswa kelas III adalah 48,79 dan nilai posttest mereka adalah 80,93. Hipotesis pada uji t sampel berpasangan menunjukkan nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,00 &lt; 0,05) dan &gt; (22,273 &gt; 2,064), menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada sub tema 2 tema 4 kelas III UPTD SD Negeri 122380&nbsp;TA&nbsp;2022/2023.<br>Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL)</p> 2024-07-02T00:00:00+02:00 Copyright (c) 2024