Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA <p>Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I <strong>Juni</strong> dan Periode II <strong>Desember</strong> . Pendidikan Bahasa Indonesia &amp; Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan bidang-bidang tersebut.</p> en-US [email protected] (Candra Ronitua Gultom) [email protected] (Asnita Hasibuan) Kam, 03 Jul 2025 00:00:00 +0200 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pendekatan Antro-Ekologi dalam Pembelajaran Sastra Puisi di SMP: Integrasi Nilai Budaya dan Kesadaran Lingkungan https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4736 <p>Pembelajaran sastra puisi di SMP berperan dalam mengembangkan apresiasi sastra, kreativitas, dan pemahaman nilai budaya serta lingkungan. Pendekatan antro-ekologi menghubungkan aspek antropologi dan ekologi dalam memahami serta menciptakan puisi. Penelitian ini menganalisis efektivitas pendekatan tersebut dalam meningkatkan apresiasi dan keterampilan menulis puisi siswa. Dengan metode kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa pendekatan antro-ekologi meningkatkan keterlibatan siswa, memperkaya imajinasi, dan mendorong kesadaran lingkungan. Namun, kendala seperti keterbatasan bahan ajar dan kurangnya pelatihan guru tetap menjadi tantangan. Kesimpulannya, pendekatan ini efektif dan diharapkan dapat diterapkan lebih luas untuk membentuk siswa yang kreatif, berbudaya, dan peduli lingkungan.</p> Aprina Enzel Sihotang, Uci Rahmadhani, Rizky Fauzan Akbar, Sanrais Josua Saragih, Muharrina Harahap, Elly Prihasti Wuriyani Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4736 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Di SD N 091608 Sinaksak https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4848 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran <em>Pop-Up Book</em> terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 091608 Sinaksak. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS yang masih didominasi oleh metode ceramah dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik serta kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain <em>pre-eksperimen</em> jenis <em>one group pretest-posttest design</em>. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penggunaan media <em>Pop-Up Book</em>. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan <em>teknik Paired Sample T-Test</em>.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai <em>Pre-Test </em>dan Post-Test siswa dimana nilai rata-rata <em>Pre-Test </em>yaitu 65,71 dan nilai rata-rata Post-Test yaitu.80,86. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media <em>Pop-Up Book</em> berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS. Media ini terbukti efektif dalam menarik minat belajar siswa, membantu pemahaman konsep secara visual, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan aktif dalam proses pembelajaran.</p> Sentina Sinaga, Desi Sijabat, Rio Parsaoran Napitupulu Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4848 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4865 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menusli puisi siswa kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimental design dengan jenis one grub pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen tes ini berupa tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain dan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual signifikan terhadap peningkatan Keterampilan menulis puisi. Nilai rata rata pretest sebesar 51,07 meningkat menjadi 79,07 pada posttest. Hasil uji hipotesis memperoleh 26,51&gt; 1,70 Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar.</p> Ronauli Sihombing, Nancy Angelia Purba, Radode Simarmata Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4865 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Cahaya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 091273 Karang Bangun https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4860 <p>Tujuan penelitian ini ialah bagi mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran light box berpengaruh terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD 091273 Karang Bangun. Dalam penelitian ini, X digunakan sebagai media pembelajaran kotak cahaya serta Y digunakan sebagai hasil belajar murid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta sampel sebanyak 25 murid. Pengujian data menggunakan program SPSS 25, teknik analisis serta digunakan dalam pengujian ini terlebih dahulu dilakukan yaitu uji instrumen serta meliputi uji validitas serta reliabilitas, dilanjutkan serta uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda serta terakhir uji hipotesis serta meliputi uji N-gain serta uji t. Uji N-gain menunjukkan angka 0,7-8 bagi nilai N-gain serta boleh digolongkan tinggi serta hasil presentase N-gain sebesar 7-8,9 % serta boleh digolongkan efektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 &lt; 0,05 serta boleh diartikan bahwa media pembelajaran lightbox mempunyai pengaruh serta signifikan terhadap hasil belajar IPA murid.</p> Indah Manurung, Radode Simarmata, Nancy Angelia Purba Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4860 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Model Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 09181 Batu IV https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4844 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Everyone Is A Teacher Here</em> terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri 091281 Batu IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode <em>pre-eksperimental</em> tipe <em>One Group Pretest-Posttest Design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, dengan sampel berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes <em>pretest</em> dan <em>postest</em>. Data di olah dengan mengunakan uji N-Gain, dengan hasil nilai N-Gain skor 0,6566 dengan klasifikasi sedang dan nilai dari N-Gain persen adalah 65,6626 dengan klasifikasi cukup efektif. Pada uji hipotesis (uji-t) diperoleh t-<em>hitung</em>&gt;t-<em>tabel</em> yaitu 11,683&gt;1.717 maka H0 di tolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Everyone Is A Teacher Here</em> terhadap Keterampilan Menulis puisi Siswa Kelas IV SD Negeri 091281 Batu IV T.P. 2024/2025.</p> Bernika Simanjuntak, Melvin.M Simanjuntak, Nancy Angelia Purba Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4844 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 091277 Siantar Estate https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4845 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Two Stay Two Stray</em> terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain <em>one-group pretest-posttest</em>. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model <em>Two Stay Two Stray </em>berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Nilai rata-rata <em>pretest</em> sebesar 46,11 meningkat menjadi 78,52 pada <em>posttest</em>, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 3,71% menjadi 85,19%. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai t<sub>hitung</sub> 17.059 &gt; t<sub>tabel</sub> 2,056 dan signifikansi 0,000 &lt; 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model <em>Two Stay Two Stray </em>pada penilitan ini &nbsp;efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate.</p> Melinda Hutagalung, Nancy Angelia Purba, Minar Trisnawati Lumbantobing Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4845 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Media Pembelajaran Diorama Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III SD Negeri 091273 Karang Bangun https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4864 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran diorama terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas III SD 091273 Karang Bangun. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan one group pretest-posttest desain. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas III dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes pilihan berganda sebanyak 25 butir soal yang sudah melalui tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji N-gain dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor Pretest 63,41 meningkatkan menjadi 91,56 pada postest. Hasil analisis Ngain menunjukkan distribusi data dengan skor N-Gain Skor 0,79 menunjukkan kategori peningkatan tinggi dengan efektivitas 78,70. pada uji hipotesis menunjukkan bahwa T-hitung 25,62 dan T-tabel 1,70. Hal ini menunjukkan bahwa T-hituing &gt; T-Tabel yang artinya H1 diterima sedangkan H0 ditolak. hal ini dapat disimpuljkan bahwa terdapat pengaruh media diorama terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas III pada materi mengenal keberagamaan agama di Indonesia.</p> Tiur Marnita Sinaga, Minar Trisnawati Lumbantobing, Desi Sijabat Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4864 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Kelas V SDN 091273 Karang Bangun Pamatang Simalungun https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4867 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas V SDN 091273 Karang Bangun Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 orang, dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah divalidasi dan dianalisis dari segi reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesulitan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas (Shapiro-Wilk), perhitungan skor N-Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dari 62,78 (pretest) dengan tingkat ketuntasan 10,71% menjadi 87,71 (posttest) dengan tingkat ketuntasan 100%. Skor N-Gain rata-rata sebesar 0,7155 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang, dengan efektivitas pembelajaran sebesar 71,55%. Hasil uji t menunjukkan t_hitung &gt; t_tabel (20,06 &gt; 1,70), yang berarti media animasi memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Riris Sigiro, Janwar Tambunan, Maria Barus Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4867 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4849 <p>Penelitian ini dilakukan di kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 63,4 dan meningkat menjadi 86,9 pada postest. Sebanyak 21 siswa dinyatakan tuntas dan hanya 1 siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung= 11,405 dan t-tabel =1,721 dengan signifikan 0,00&lt;0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar.</p> Nitalin Siahaan, Esti Marlina Sirait, Emelda Thesalonika Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4849 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisons (STAD) Dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4103 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Santo Yoseph di kelas X. Penelitian ini menggunakan jenis penlitian ekspreimen dengan metode postest control group design. Jumlah populasi dalam penelitian adalah 137 siswa. Pengambilan sampel dilakukan teknik acak atau simple random sampling di mana diperoleh sampel penelitian sebanyak 66 siswa yaitu Kelas X-1 dan X-2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dengan TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang sudah diterapkan dipeoleh nilai rata-rata 65.27 dengan kategori cukup. Pengolahan data menggunakan model pembelajaran TTW termasuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81.48. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji "t". Pengujian hipotesisi menunjukkan t-hitung &gt; t-tabel yakni 8.350 &gt; 1.997 pada taraf signifikan a=0.05 atau 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dengan Ha diterima. Ini berarti bahwa penggunaan model STAD lebih efektif dari model TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA swasta Santo Yoseph Medan.</p> Tani Derita Butar butar, Losten Tamba, Candra Ronitua Gultom Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4103 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4061 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&nbsp; pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII dengan menerapkan metode <em>Field Trip</em>. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik <em>random sampel</em>, didapatkan dua kelas yaitu&nbsp; kelas eksperimen VIII-B dan kelas kontrol VIII-A. Dengan jumlah siswa VIII-B yaitu 32 siswa dan VIII-A yaitu 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yakni melihat pengaruh metode pembelajaran <em>field trip</em> terhadap kemampuan menulis puisi. Instrumen penelitian digunakan melalui tes tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan menulis puisi siswa. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-hitung. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dari nilai pretest dan postest diperoleh nilai t Hitung &gt; t Tabel atau 4,509 &gt; 1,695, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H<sub>1 </sub>diterima. Sementara nilai rata-rata pada kelas postest eksperimen yaitu 76,40 dengan kategori tinggi dari pada nilai rata-rata pretest kontrol 58,30. Dengan demikian&nbsp; dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran <em>Field Trip</em> terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMP Santo Yoseph Medan.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata kunci: <em>Field Trip</em>, Kemampuan Menulis Puisi </strong></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>This study aims to determine the effect of the ability to write poetry on grade VIII students by applying the <em>Field Trip</em> method. Sampling in this study was carried out using a random sample technique, obtaining two classes, namely the experimental class VIII-B and the control class VIII-A. With the number of students VIII-B, namely 32 students and VIII-A, namely 32 students. The research method used in this study is the experimental method, namely to see the effect of the <em>field trip</em> learning method on the ability to write poetry. The research instrument was used through a written test to measure the level of students' poetry writing ability. Furthermore, the data obtained were analyzed using the t-test. Based on the results of data analysis carried out from the pretest and posttest values, the t value was obtained &gt; t Table or 4.509 &gt; 1.695, so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. While the average value in the experimental posttest class is 76.40 with a high category compared to the average value of the control pretest of 58.30. Thus it can be concluded that there is an effect of the <em>Field Trip</em> learning method on the ability to write poetry of students at SMP Santo Yoseph Medan.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Keywords: <em>Field Trip</em>, Poetry Writing Ability</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Lepana Sihombing, Asnita Hasibuan, Candra Ronitua Gultom Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4061 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 Analisis Struktur dan Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Kampung Tajur di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4980 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap struktur dan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Kampung Tajur, serta menggali potensi pemanfaatannya sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X SMA. Cerita rakyat sebagai salah satu warisan budaya lisan memuat beragam pesan moral, sosial, dan spiritual yang relevan dengan pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data utama berupa teks cerita rakyat Kampung Tajur yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara dengan tokoh masyarakat setempat. Analisis struktur dalam cerita rakyat yaitu berupa tema, alur cerita, tokoh dan penokohan, latar yang disertai latar tempat, waktu dan suasana, serta amanat yang terdapat dalam cerita juga nilai-nilai budaya yang tersirat dalam cerita rakyat Kampung Tajur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat Kampung Tajur memiliki struktur yang lengkap dengan alur linier, tokoh yang khas, serta konflik dan penyelesaian yang edukatif. Nilai-nilai budaya yang menonjol mencakup gotong royong, penghormatan terhadap alam, serta pentingnya kejujuran dan kesetiaan. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyusun bahan ajar mengenai isi dari cerita rakyat Kampung Tajur sebagai bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Kelas X semester satu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa cerita rakyat lokal tidak hanya berfungsi sebagai pelestarian budaya, tetapi juga dapat menjadi media pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan bermuatan karakter.</p> Nova Mariam Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/4980 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/5247 <p>Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas atau sering disebut dengan <em>action research class. </em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis pusi. Penelitian Tindakan Kelas ini pelaksanaannya selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas pertemuan 1 dan 2 dan disesuaikan dengan pencapaian indikator keberhasilan setiap siklusnya. Penelitian tindakan terdiri atas serangkaian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dampai pada refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi secara keseluruhan sebesar 53,5. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan indikasi rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan bantua media visual (gambar), perolehan rata-rata kemampuan siswa pada siklus I dalam menulis puisi menjadi 74,68. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,65. Berdasarkan perolehan rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pembelajaran menggunakan bantuan media visual (gambar) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.</p> Rachel Yoan Siahaan, Tiarma Nova Intan Malasari, Maslan Sihombing Copyright (c) 2025 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/5247 Sen, 30 Jun 2025 00:00:00 +0200