Asas Dan Dasar Menurut Santo Ignatius Loyola Sebagai Tuntunan Panggilan Hidup Manusia Demi Kemuliaan Allah yang Lebih Besar

Authors

  • Yohanes Siringo-ringo Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • L.A.S. Gunawan Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Ignatius Loyola, latihan rohani, asas dan dasar

Abstract

Allah adalah sumber hidup, artinya segala sesuatu yang hidup berasal dari Allah dan kembali untuk Allah. Segala sesuatu diciptakan-Nya bertujuan demi kemuliaan-Nya. Kemuliaan Allah dapat diwujudkan melalui tindakan hidup manusia dengan cara memandang dan memuliakan Allah. Allah senantiasa mengundang manusia untuk menanggapi kehadiran dan cinta kasih-Nya melalui seluruh ciptaan-Nya. Undangan Allah cenderung diabaikan manusia. Hal itu disebabkan karena manusia menggunakan kebebasannya demi kepentingan diri sendiri. Manusia terlalu sibuk memusatkan pikiran pada kesibukan duniawi sehingga tidak berusaha mengenali kehadiran dan kehendak Allah. Dalam tulisan Asas dan Dasar dari Santo Ignatius Loyola, manusia diajak untuk merasakan dan menemukan bahwa Allah punya rencana bagi setiap orang dan ciptaan lainnya. Santo Ignatius Loyola menyapa semua manusia untuk kembali kepada Asas dan Dasar yang menegaskan bahwa tujuan manusia diciptakan adalah untuk memuji, menghormati, serta mengabdi Allah. Dengan demikian, jiwa manusia memperoleh keselamatan. Manusia memandang dan mempergunakan ciptaan lain hanya sebagai sarana demi tujuan hidupnya yakni dengan cara melepaskan diri dari harta duniawi dan kelekatan yang tak teratur. Cara hidup Santo Ignatius Loyola telah menampilkan teladan kepada manusia lewat doa (Latihan Rohani), karya, serta sikap lepas bebas. Seluruh hidupnya bertujuan demi Kemuliaan Allah Yang Lebih Besar (Ad Maiorem Dei Gloriam).

Author Biography

Yohanes Siringo-ringo, Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Beckman, Betsey, Nina O’connor dan J. Michael Sparough. Bunda Maria, Dominikus dan Ignatius; Berdoa dengan Tubuh. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Boff, Leonardo. Allah Persekutuan; Ajaran Tentang Allah Tritunggal (Judul asli: Der dreieinige Gott). Diterjemahkan oleh Aleksius Armanjaya dan Georg Kirchberger. Maumere: Ledalero, 2004.

Cahyadi, Krispurwana. Ignatius; Warisan Rohani dan Cara Bertindak. Yogyakarta: Kanisius, 2013.

Darminta, J. Latihan Rohani ([tanpa judul asli]), (seri Ignasiana 5). Diterjemahkan dan dilengkapi dengan pengantar dan lampiran oleh J. Darminta. Yogyakarta: Kanisius, 1993.

Goncalves da Camara, Luis. Wasiat dan Petuah St. Ignatius (judul asli: Acta Paris Ignatis Scripta a P, Lud Goncalves de Camara 1553-1555, dalam Fontes Narrativi de S. Ignatio de Loyola et de Societatis Iesu Initiis, Vol. I). Diterjemahkan oleh Tom Jacobs. Yogyakarta: Kanisius, 1996.

Hermans, J. Orang-orang Kudus Sekeliling Altar (judul asli: Heiligen Rond Het Altar, Een Misverklaring in Verhalen). Diterjemahkan oleh N. J. Boumans. Ende: Nusa Indah, 1988.

Jou, Albert. Lahir Untuk Berjuang; Kisah Santo Ignatius dari Loyola Untuk Para Remaja (judul asli: Born to Fight). Diterjemahkan oleh A. Suryawasita dan R. Wahana Wegig. Yogyakarta: Kanisius, 1991.

Jou, Albert. Santo Fransiskus Xaverius (judul asli: The Saint on a Mission). Diterjemahkan oleh Marcel Beding. Jakarta: Serikat Misionaris Xaverian, [Tanpa tahun terbit].

Kewuel, Hipolitus K. Allah dalam Dunia Postmodern. Malang: Dioma, 2004.

Komisi Liturgi KWI, Buku Ibadat Harian. Diterjemahkan oleh PWI Liturgi. Ende: Nusa Indah, 2014.

Komunitas SJ Kolsani. Tahan Uji 9 Latihan Rohani. Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Konsili Vatikan II, “Konstitusi Pastoral tentang Gereja di Dunia Dewasa Ini (Gaudium et Spes)”, dalam Dokumen Konsili Vatikan II, diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI - Obor, 2009.

Mangunharja, A. M. Sejarah Ordo Serikat Yesus: Selayang Pandang. Yogyakarta: Kanisius, 1985.

Ryan, Patrick J. Thoughts of St. Ignatius Loyola For Every Day of the Year. New York: Fordham University Press, 2006.

Setiawati, Maria. Santo Ignatius Loyola. Yogyakarta: Kanisius, 1993.

Sumarwan, P. A. dan P. F. X. Sigit Kurniawan. Spiritualitas Ignatian yang diterjemahkan dari buku asli What is Ignatian Spirituality yang ditulis oleh David L. Fleming, Chicago, 2008. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka, 2017.

Tylenda, Joseph N. Para Kudus dan Martir Serikat Yesus 3. Yogyakarta: Kanisius, 1993.

Willem, F. D. Riwayat Hidup Singkat Tokoh-tokoh dalam Sejarah Gereja. Jakarta: Gunung Mulia, 1987.

Downloads

Published

2022-04-28

Issue

Section

Articles