KESADARAN GENERASI Z DALAM MENANGGAPI KEBEBASAN DAN RELASINYA DENGAN SESAMA DI ERA SOCIETY 5.0

Suatu Analisis Filsafat Eksistensial Menurut Jean-Paul Sartre

Authors

  • Andri Limka Jaya Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan
  • Surip Stanislaus Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan

Keywords:

generasi Z, kebebasan, relasi, era society 5.0, Jean-Paul Sartre

Abstract

Era perkembangan teknologi dan informasi dunia sedang dalam masa peralihan dari Revolusi Industri 4.0 menuju era society 5.0. Kondisi tersebut secara tidak langsung akan menuntut generasi Z sebagai generasi masa kini untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri. Hal itu dimaksudkan agar generasi Z dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kehidupan manusia dan masa depan yang lebih baik. Kesadaran para generasi Z terhadap kebebasan yang dimilikinya dan cara mengungkapkan atau menyatakannya akan menentukan masa depan mereka sebagai manusia yang bereksistensi. Jean Paul Sartre sebagai filsuf eksistensialis menekankan kebebasan dengan relasi yang terjalin antar sesama. Relasi yang terjalin antar sesama menciptakan rasa persaudaraan sehingga manusia dapat saling membantu dalam menatap masa depan. Dengan begitu, kemajuan dunia di masa depan dan kehidupan manusia yang lebih baik akan dianggap sebagai keberhasilan generasi Z dalam menghayati kesadaran dirinya untuk menanggapi kebebasan dengan penuh tanggung jawab dan membangun relasi yang positif dengan sesama.

References

Hadiwijono, Harun. Sari Sejarah Filsafat Barat Modern 2. Yogyakarta: Kanisius, 1980.

Lisna Handayani, Ni Nyoman et al. “Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar)”, dalam Jurnal Lampuhyang, Vol. 12 no. 1 (2021), 81.

Setyo Wibowo, A. dan Editor Majalah Driyarkara. Filsafat Eksistensialisme Jean-Paul Sartre. Yogyakarta: Kanisius, 2011.

Snijders, Adelbert. Antropologi Filsafat Manusia Paradoks dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius, 2004.

Stevenson, Leslie dan Haberman, David L. Sepuluh Teori Hakikat Manusia (Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 2001.

Stillmann, David dan Stillman, Jonah. Generasi Z Memahami Karakter Generasi Baru yang akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Tapscoot, Don. Grown Up Digital: How the Net Generation is Changing your World. ([Tanpa Kota Tervbit]: The McGraw-Hill Companies, 2009.

Downloads

Published

2023-10-13

Issue

Section

Articles