EKSISTENSI GEREJA SINODAL SEBAGAI SAKRAMEN KESELAMATAN UNIVERSAL

Authors

  • Yogi Hamonangan Sinurat Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan
  • Robertus Septiandry Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan

Keywords:

gereja, sinodal, sakramen

Abstract

Gereja Sinodal adalah komunitas Gerejani yang mengungkapkan panggilannya dengan berjalan bersama mengikuti Yesus. Dalam konteks profan, sinode gerejani berarti sidang yang diadakan oleh otoritas yang sah dengan terutama mendengarkan umat Allah dan terang Roh Kudus. Semua anggota Gereja dipanggil untuk menunaikan hidup sinodalitas ini, yaitu dengan berjalan bersama menjadi pelaku evangelisasi dalam menyalurkan buah-buah keselamatan kepada manusia. Dengan demikian, eksistensi Gereja Sinodal bagi dunia ialah hadir sebagai sakramen keselamatan universal atau tanda yang efektif dalam menghadirkan keselamatan Allah bagi dunia. Dasar ciri sakramental ini berakar pada Kristus Penyelamat dunia. Ada beberapa praksis yang dilakukan Gereja dalam eksistensinya sebagai sakramen keselamatan universal, seperti: peneguhan iman dan dorongan solidaritas pada masa pandemi covid-19, mendoakan pendamaian perang antara negara Rusia-Ukraina, pembentukan komisi perlindungan anak, mendukung ajaran negara dalam terang iman, dan lain sebagainya. Secara aktual, tentu merealisasikan Gereja yang hadir sebagai sakramen universal tidak mudah karena beragam masalah yang dihadapi Gereja secara intern maupun ekstern. Akan tetapi, Tuhan selalu menuntun Gereja pada cinta kasih untuk menemukan solusinya.

Author Biography

Yogi Hamonangan Sinurat, Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan

Dosen

References

Danan Widharsana, Petrus. Mengamalkan Pancasila dalam Terang Iman Katolik. Yogyakarta: Kanisius, 2018.

Dulles, Avery. Model-Model Gereja. Ende: Nusa Indah, 1990.

Jacob, Tom. Gereja Menurut Vatikan II. Yogyakarta: Kanisius, 1987.

Konsili Vatikan II. Dokumen Konsili Vatikan II, diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI-Obor, 1990.

Komisi Teologi Internasional. “Sinodalitas dalam Kehidupan dan Misi Gereja”, no. 3, dalam Dokumen Komisi Teologi Internasional, diterjemahkan oleh R. Thomas Eddy Susanto. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2018.

Kristanto, J. (ed.). Pelayanan Profesional Gereja Katolik dan Penyalahgunaan Wewenang Jabatan (Yogyakarta: Kanisius, 2018.

Magnis Suseno, Frans. Menggereja di Indonesia. Yogyakarta: Kanisius, 2020.

Mali, Mateus (ed.). Teologi dan Arah Pembaharuan Pasca Konsili Vatikan II. Yogyakarta: Kanisius, 2017.

Martasudjita. Sakramen-sakramen Gereja; Tinjauan Teologis, Liturgis, dan Pastoral. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Downloads

Published

2023-10-13

Issue

Section

Articles