RASIO LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS UNTUK MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Desy Roganda Pardosi Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Kornel Munthe Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Motivasi Kerja, Kompensasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi financial distress melalui  variabel rasio keuangan Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return On Asset sejak satu, dua, dan tiga tahun sebelum terjadi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah 192 perusahaan manufaktur. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara purposive sampling sesuai dengan kriteria tertentu sehingga diperoleh 61 sampel perusahaan. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017-2020. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return On Asset secara bersama-sama signifikan terhadap probabilitas financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak satu, dua, dan tiga tahun sebelum terjadi. Tingkat keakuratan prediksi dari pengaruh variabel rasio keuangan tersebut terhadap probabilitas financial distress sejak satu, dua, dan tiga tahun sebelum mengalami financial distress berturut-turut sebesar 96,7 persen; 91,8 persen; dan 86,9 persen. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt to Equity Ratio sejak satu, dua, dan tiga tahun sebelum mengalami financial distress tidak berpengaruh signifikan terhadap probabilitas financial distress dan Return On Asset sejak satu, dua, dan tiga tahun sebelum financial distress bepengaruh negatif dan signifikan terhadap probabilitas financial distress.

Author Biography

Desy Roganda Pardosi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Bangun, W. 2012. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Erlangga.

Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE

Gunawan, Ahmad dkk. 2020. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pada Kantor Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi”. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol. Universitas Pelita Bangsa.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Refika Aditama.

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi Revisi 2. Jakarta : Rajawali Pers

Margono, S. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Panggabean, Mutiara S. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor : Ghalia Indonesia.

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Samsudin, S. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2009. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bandung : Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sihotang. A. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pradnya Paramita.

Simamora, H. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusi Edisi Kedua. Yogyakarta : STIE YKPN.

Sinaga, Trifena dkk. 2020. “Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap kinerja Karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia”. Jurnal Ilmu Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma.

Siregar ,Dahrul. 2019. “Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada Perseron Terbatas Digitdata Terminal Evolusi”. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). Program studi Manajemen , Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area, Indonesia.Siswanto, H.B. 2005. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibowo , 2011. Manajemen Kinerja Edisi kelima. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Yuningsih, Erni dkk. 2020.”Pengaruh motivasi kerja dan kompensasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Divisi Produksi PT. Kusuma Kaisan Sentul Bogor”. Jurnal Visionida. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor.

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Artikel Prosiding