PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.DARMASINDO INTIKARET TEBING TINGGI SUMATERA UTARA

Authors

  • Friska Yuriati Purba Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sinar Ritonga Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Tiara Kristina Pasaribu Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Komunikasi, Motivasi, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi, motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di PT Darmasindo Intikaret Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 50 karyawan di PT Daramasindo Intikaret Cliff High Sumatera Utara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS Versi 23. ari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi berganda adalah: Y=0,840 + 0,258X1 + 0,689X2+ 0,117X3 dimana tanda positif pada variabel komunikasi, motivasi dan budaya organisasi menunjukkan arah yang sama, artinya jika komunikasi, motivasi dan budaya organisasi meningkat maka kinerja karyawan juga akan meningkat. Nilai tcount untuk variabel komunikasi yang diperoleh berdasarkan output regresi adalah (2,341) > ttable (1,678) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti bahwa sebagian terdapat pengaruh positif dan signifikan dari motivasi terhadap kinerja karyawan. Nilai tcount untuk variabel motivasi yang diperoleh berdasarkan output regresi adalah (7,590) > ttable (1,678) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti bahwa sebagian ada efek positif dan signifikan dari motivasi pada kinerja karyawan. Nilai tcount untuk variabel budaya organisasi yang diperoleh berdasarkan output regresi adalah (2,131) > ttable (1,678) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya sebagian terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Hasil Fcount yang diperoleh berdasarkan output regresi adalah 231.378 > Ftable 2.80 kemudian H1 diterima, yang berarti bahwa secara bersamaan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel komunikasi, motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Koefisien determinan adalah 0, 938. Artinya, kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh Komunikasi, Motivasi dan Budaya Organisasi sebesar 93,8% sedangkan 6,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti kompetensi, kemajuan karir, dan kepemimpinan.

References

Arni, Muhammad. 2016. Komunikasi Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta; Bumi Aksara.

Dewi, R. V. K. (2021). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Indosurya Kencana Di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 164-171.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Ginanjar, M. F. (2018). Pengaruh Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Anugrah Utama Lestari Di Bandung (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Hasibuan, Malayu. 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. : Bumi Aksara, Jakarta.

Herman Sofyandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ilham, M. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Juniantara, I Wayan (2015). “ Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Barat Dan Banten.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. Human Resource Management (edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.

Novziransyah, N. (2017). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Kantor wilayah Sumatera Utara Medan. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 2(1), 14-25.

Purwanto, 2011. Statistika untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robbins, dan Judge. 2010. Perilaku Organisaai, Edisi kesepuluh (alih baasa Angelica). PT Index Kompleks Gramedia. Jakarta.

Siswanto, H. B. 2011. Pengantar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Prenada Media.

Theodora, O. (2015). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Sejahtera Motor Gemilang. Agora, 3(2), 187-195

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada Jakarta-14240.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Artikel Prosiding