ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DITINJAU DARI RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, PROFITABILITAS, DAN AKTIVITAS

(Studi Kasus Pada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Periode 2016-2020)

Authors

  • Herawati Hasugian Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Riri Swita Manik Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Yan Christin Br Sembiring Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ditinjau dari rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas. Pada penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh laporan keuangan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, sedangkan sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk periode tahun 2016-2020. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menghitung rasio-rasio keuangan yang ada di perusahaan yaitu rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas. Dari analisis data dapat diketahui bahwa rasio likuiditas PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dilihat dari CR, QR, dan CaR selama tahun 2016-2020 dinyatakan “Baik” karena sudah memenuhi standar rata-rata industri. Ditinjau dari rasio solvabilitas dilihat dari DAR, DER, dan LTDtER dapat dikatakan “Kurang Baik” karena tidak memenuhi standar rata-rata industri. Sedangkan ditinjau dari rasio profitabilitas dilihat dari NPM, ROI, dan ROE dinyatakan “Kurang Baik” karena belum memenuhi standar rata-rata industri. Kemudian yang terakhir ditinjau dari rasio aktivitas dilihat dari ITO, FATO, dan TATO dinyatakan “Kurang Baik” karena belum memenuhi standar rata-rata industri.

Author Biography

Herawati Hasugian, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Djawarto, Ps. 2004. Pokok-Pokok Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Harahap, Sofyan Syafri. 2001. Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

https://emiten.kontan.co.id/ diakses pada 08 Juni 2022.

https:// www.indofoodcbp.com/ diakses pada 08 Juni 2022.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kieso, Donald E, Weygandt, Jerry J dan Warfild, Terry D. 2004. Akuntansi Intermediate. Jilid 1, Alih Bahasa: Email Salim. Jakarta: Erlangga.

Nafiudin, Mohammad. 2019. Analisa Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, dan Rasio Aktivitas untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Mayora Indah Tbk. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri.

Nasution, Ricky Ari Pradana. 2022. Analisa Rasio Keuangan dalam Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan pada PT. Perkebunan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis. Volume II; 1-11.

Orniati, Yuli. 2009. Laporan Keuangan sebagai Alat untuk Menilai Kinerja Keuangan. Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume XIV No.3; 207)

Pongoh, Marsel. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan: PT. Bumi Resources Tbk, Jurnal EMBA. Volume I; 669-679.

Rohmiatun, Erlyna Tri. 2019. Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan: Studi Kasus pada PT. Astra Agro Lestari Tbk yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018. Jurnal Greenomika. Volume I; 85-95.

Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perenvanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simatupang, Risna Elinta. 2015. Analisis Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Laporan Arus Kas pada Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Universitas Katolik Santo Thomas Sumatra Utara, 2022. Pedoman Penulisan Tugas Akhir 2022.

Winarni, F dan Sugiyarso G. 2005. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Media Pressindo.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Artikel Prosiding