PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Juliana Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Kornel Munthe Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Tanggung jawab social, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverag

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Corporate Sosial Responsibility pada perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 195 perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 26 perusahaan dengan masa penelitian 4 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F pada = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap corporate social responsibility, profitabilitas dan leverage  secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate social responsibility dan ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020. Variasi CSR mampu dijelaskan oleh variasi Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage sebesar 15,7% dan sisanya 84,3% oleh variasi lain diluar model.

References

Anggraini, Fr. Reni Retno (2006), “Pengungkapan Informasi Sosial dan FaktorFaktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)”, Simposium Nasional Akuntansi 9

Brigham dan Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1,Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Gusti dan Eka ,Ida.2015.” Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan CSR”. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana:E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 11.1 (2015): 289-302.

Ghozali dan Anis .2007.Teori Akuntansi, Edisi ke tiga, Universitas Diponegoro.

Ghozali, 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri. (2013). Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada

Hilmi dan Ali. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan: Studi Empiris pada Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar di BEJ Periode 2004-2006. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Husnan, Suad. (2013). Manajemen Keuangan Edisi Keempat. Yogyakarta : BPFE.

Janra, D. M. (2015). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosialperusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013). E-Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, 3(1), 15.

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, Rajawali Pers, Jakarta.

Said. 2018. Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Governance. Yogyakarta : Deepublish

Samsiyah, Eka dan Kurnia. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal & Riset Akuntansi. Vol. 3 No. 4.

Sembiring. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Paper Presented at the Seminar Nasional Akuntansi, Solo

Solihin, Ismail, (2008), Corporate Social Responsibility From Charity To Sustainability, Salemba Empat, Jakarta.

Sudarmadji dan Sularto, 2007. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan”, Proceeding PESAT, Volume 2.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Artikel Prosiding