PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT WAHANA CHEMINDO JAYA MEDAN
Keywords:
Lokasi, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pada PT Wahana Chemindo Jaya Medan. 2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT Wahana Chemindo Jaya Medan. 3) untuk mengetahui pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT Wahana Chemindo Jaya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT.Wahana Chemindo Jaya Medan. Sampel yang diambil sebanyak 92 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode analisis data yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, pengujian hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f serta uji koefisien determinasi (R2). Pengerjaan metode analisis data menggunakan bantuan os SPSS 25 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian dengan nilai t.hitung>t.tabel = 2,898 >1,986 dengan signifikan (0,007<0,05). 2) terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel = 2,842 > 1,986 dengan signifikan (0,006<0,05). 3) terdapat pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan f.hitung>f.tabel = 21,253>3,10 dengan signifikan (0,000<0,05).References
Adipramita, Vionna. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran Lamongan.Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 80-90.
Aryandi, Julian. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Wareg Bengkulu.Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis, 1(1), 117-127.
Faiza, Ifani Yudha Nur. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di House of Pet Malang.Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2).
Firdiansyah, Dwi. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Variasi Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian.Journal of Economic, Bussiness and Engineering (JEBE), 2(2).
Kasmir, (2017).Customer Services Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan, Heri Diyan. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada JNE Yogyakarta).Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), 73-82.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018).Principles of Marketing, 17th Edition. NewJersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L.(2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Education.
Lupyoadi, R. (2017).Manajamen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Sudaryono. (2016). Manajamen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiarto. (2017). Metode Penelitian Bisnis.Yogyakarta: Andi.
Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang.(2015).Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta:CAPS.
Tarinda, R. (2018). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Scissors Barbershop Malang.Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 1-20.
Tjiptono, Fandi.(2016).Pemasaran Edisi 1.Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandi. (2019). Service, Quality & Satisfaction Edisi 5. Yogyakarta: Andi.