PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN NON MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2018-2019

Authors

  • Meriati Siboro Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Else Rianai Nainggolan Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Joana L. Saragih Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

perencanaan pajak, manajemen laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Non Manufaktur yang terdaftar  di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2019. Untuk itu dirumuskan masalah penelitian yaitu apakah perencanaan pajak berprobabilitas kemungkinan semakin tinggi terhadap manajemen laba pada perusahaan Non Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan Non Manufaktur yaitu perusahaan dagang. Data di peroleh dari www.idx.co.id   tahun 2018-2019. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi linier sederhana, dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Dari hasil pengujian menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai koefesien detterminasi (R Square) 0,194 atau 19,4%. Hasil uji secara persial (uji T) menunjukan bahwa semakin tinggi perencanaan pajak (tax Planning) maka probabilitas kemungkinan manajemen laba (Earning manajement) semakin tinggi, maka perencanaan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba.

References

Aditama, Ferry dan Anna Purwaningsih. 2014. Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Nonmanufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. MODUS, Vol.26, No. 01

Dergibson Siagian Sugiarto.2006. Metode statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lumbantoruan, Sophar. 1996. Akuntansi Pajak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Nuraida, Sayidah. 2019. Pengaruh perencanaan pajak (Tax Planing) terhadap manajemen laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Nonmanufaktur Yang Terdaftar di Bursa Eferk Indonesia. Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Pajak, D. J. (2019, September 10). Fasilitas Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Badan Dalam Negeri Berbentuk Perseroan Terbuka. Retrieved from pajak.go.id: https://www.pajak.go.id/id/fasilitaspenurunan-tarif-pajak-penghasilan-bagiwajib-pajak-badan-dalam-negeri-berbentukperseroan

Philips, John, Morton Pincus dan Sonja Olhoft Rego. 2003. Earning Management: New Evidence Based on Deffered Tax Expence. The Accounting Review. Vol 78: 491-521.

Raharjo, Sahid. 2014. “Cara Melakukan Uji Statistik Deskriptif dengan Software SPSS”.http://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-statistik-deskriptifspss.html. [diakses pada 13 Desember 2016]

Resmi, S. (2017). Perpajakan : Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Scott, William R. 2006. Financial Accounting Theory. 4th edition. United states & America : Pearson Prentice Hall.

Stice, J.D., Earl Stice and Skousen. 2007. Intermediate Accounting. 16th Edition. Thomson South-Western, Mason, USA.

Suandy, Erly. 2008. Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Suandy, Erly. 2011. Perencanaan Pajak. Edisi: Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Suandy, Erly. 2016. Perencanaan Pajak. Edisi: Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Sulistyanto, 2008. Seasoned Equity Offferings: “Benarkah Underperfomance Pasca Penawaran?”. http://re-searchengines.com/sulistianto.html.

Sumomba, Christina Ranty dan YB. Sigit Hutomo. 2012. Pengaruh Beban Pajak Tangguhan Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba. Kinerja. Vol. 16, No.2.

UU No. 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Wild, John J., Subramanyam dan Robert F. Hasley. 2004. Financial Statement Analysis, 8th ed. Boston: Mc.Graw-Hill.

Zain, Mohammad. 2007. Manajemen Perpajakan. Jakarta : Salemba Empat, Edisi Ketiga.

Downloads

Published

2022-10-12

Issue

Section

Artikel Prosiding