FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUNGGAKAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU

Authors

  • Naomi Christine Giawa Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Winauli Pratiwi Manurung Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Joana L. Saragih Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Tunggakan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, Kesadaran Wajib Pajak,, Kelalaian Wajib Pajak, Pelayanan Jasa, Kemampuan Untuk Membayar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kantor Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Pekanbaru yang berlangsung pada bulan Februari 2022 sampai bulan juli 2022. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris apakah Kesadaran Wajib Pajak, Kelalaian Wajib Pajak, Pelayanan Jasa, dan Kemampuan Untuk Membayar berpengaruh terhadap Tunggakan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pendapatan Daerah. Pengukuran faktor-faktor yang mempengaruhi Tunggakan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan menggunakan instrumen kuesioner. Sampel yang digunakan ialah Wajib Pajak PBB yang terdaftar di BAPENDA tahun 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik kuantitatif. Untuk mengetahui besarnya hubungan variabel independen terhadap variabel dependen digunakan analisis Regresi Linier Berganda Dari analisis data dapat diketahui bahwa kesadaran wajib pajak diperoleh thitung sebesar 0,093 berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan, kelalaian wajib pajak diperoleh thitung sebesar 2,018 berpengaruh positif signifikan terhadap tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan, pelayanan jasa diperoleh thitung sebesar -0,064 berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan, dan kemampuan untuk membayar diperoleh thitung sebesar 1,045 berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan. Secara simultan keempat variabel yaitu kesadaran wajib pajak, kelalaian wajib pajak, pelayanan jasa, dan kemampuan untuk membayar secara bersama sama tidak berpengaruh signifikan terhadap tunggakan pembayaran pajak bumi dan bangunan, dapat dilihat dari hasil SPSS fhitung 1,823 > 2,47. Dan dari hasil pengolahan data diperoleh r square sebesar 0,071 artinya 7,1%.

Author Biography

Naomi Christine Giawa, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Boedino. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan, Rineka Cipta : Jakarta.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Mitra Pelajar : Surabaya.

Merri Nugraheni. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Muhammad Al-Ikhsan, 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penunggakan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Tambusai. Skripsi,Universitas Pasir Pangaraian Rokan Hulu.

Muliari, N.K., dan P.E., Setiawan. 2010. Pengaruh Persepsi tentang SanksiPerpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Mutia, 2016. Analisis Kemampuan Membayar (Ability To Pay) Dan Kemauan Membayar (Willingness To Pay) Tarif Angkutan Antar Kota AkibatKenaikan Harga Bahan Bakar Minyak Di Kota Langsa. Skripsi,Universitas Sumatera Utara.

Puspita, Nila. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, dan Keadilan Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Empiris pada Kecamatan Padang Utara)”. Jurnal Akuntansi, 2014.

Resmi, Siti. 2013. Perpajakan Teori dan Kasus, Edisi 7, Salemba Empat : Jakarta.

Riduan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet.

Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2022-10-13

Issue

Section

Artikel Prosiding