PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU TELKOMSEL PADA MASA PANDEMIC COVID – 19

( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas Medan )

Authors

  • Nova Alleine Serafina Sagala Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Peran Simanihuruk Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kualitas Produk, Strategi Promosi, Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel

Abstract

Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui  pengaruh kualitas produk dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel pada masa pandemic covid-19. Pengumpulan data dengan kuesioner  dan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik  analisis data dengan,  regresi linear berganda , uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan strategi promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel pada masa pandemic covid-19 . Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,667 artinya keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan strategi promosi sebesar 66,7% sedangkan 33,3% lagi dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan di dalam penelitian ini.

References

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 4. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

J. Paul Peter Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1.

Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar Periklanan. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Kotler, Amstrong (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K. 2016. Marketing Manajemen, Edisi Millenium. Jakarta.Erlangga.

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Andi. Yokyakarta.

Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Cetakan ke-3. Yogyakarta: ANDI.

Jurnal :

Mongi, Lidya, et al. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajamen Universitas Samratulangi Manado.

Walukow, Agnes Ligia Pratisitia, and Lisbeth Mananeke. "Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan Pembelian konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Downloads

Published

2022-10-13

Issue

Section

Artikel Prosiding