PENGARUH HARGA, VARIASI PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PONDOK INDAH PASAR BUAH TANJUNG REJO MEDAN

Authors

  • Taruli Ester Sibarani Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nawary Saragih Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Harga, Variasi Produk, Kualitas Produk, Fasilitas, Minat Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, variasi produk, kualitas produk dan fasilitas terhadap minat beli konsumen di Pondok Indah Tanjung Rejo Fruit Market Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Pasar Buah Pondok Indah Tanjung Rejo Medan, ique adalah regresi linier berganda, dan melakukan pengujian hipotesis untuk uji-t dan uji- Sementara jumlah sampel sebanyak 96 orang, dengan metode pengambilan sampel insidental. Alat pengumpulan data adalah melalui kuesioner dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda, dan melakukan pengujian hipotesis untuk uji-t dan uji-F.The results showed partially (t test) that Price, Product Variation, Product Quality dan Fasilitas memiliki efek positif parsial dan signifikan pada Bunga Pembelian. Pengujian simultan (F test) Harga, Variasi Produk, Kualitas Produk dan Fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pembelian. Koefisien determinasi R kuadrat 0,508 atau sama dengan 50,8% berarti bahwa hubungan antara variabel Harga, Variasi Produk, Kualitas Produk dan Fasilitas pada variabel Bunga Pembelian adalah 50,8% atau terkait erat dan 49,2% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. . Untuk meningkatkan minat beli konsumen dalam berbelanja, disarankan agar Manajemen Perusahaan meninjau harga, variasi barang, kualitas barang dan fasilitas yang tersedia. Hal ini dimungkinkan dengan 49,2% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Author Biography

Taruli Ester Sibarani, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Abdullah, Thamrin (2003), Manajemen Produksi dan Industri Kecil. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca.Jurnal EMBA. Vol.1, No.3, September 2013: 273-283.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Gary Armstrong. 2013. Prinsip prinsip Pemasaran.Kelompok Gramedia.Jakarta

Natalia, Lia. 2013. “Analisis Faktor Persepsi yang Mempengaruhi Minat Konsumen untuk Berbelanja pada Giant Hypermarket Bekasi”

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sulastiyono, Agus. 1999. Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Bandung : Alfabeta.

Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI. Yogyakarta

Utami. Christina Whidya. 2006. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Jakarta: Salemba Empat

https:// defenisi+ fasilitas+tempat+perbelanjaan+kebutuhan+sehari-hari.

https://id.wikipedia.org/wiki/Supermarket

https://glints.com/id/lowongan/strategi-penetapan-harga/

Downloads

Published

2022-10-13

Issue

Section

Artikel Prosiding