PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BUBUK TEH PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT BAH BUTONG SIDAMANIK.

Authors

  • Fitriani Damanik FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Darwis Tamba FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Roslinda Sagala FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Helena Sihotang FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Marketing, Marketing Mix, Distribution Channel, Purchasing Decisions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk teh bubuk di PT Perkebunan Nusantara IV Unit Bah Butong Sidamanik. Data penelitian diperoleh melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada seratus lima puluh lima pembeli dan pengguna produk teh bubuk perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil analisis menggunakan perangkat lunak SPSS dua puluh tujuh menunjukkan bahwa produk, harga, saluran distribusi, dan promosi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Produk berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi nol koma nol empat tujuh dan nilai t dua koma nol nol enam yang lebih besar dari t tabel satu koma enam lima lima. Harga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi nol koma nol nol satu dan nilai t tiga koma tiga delapan delapan yang lebih besar dari t tabel satu koma enam lima lima. Saluran distribusi berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi nol koma nol nol satu dan nilai t tiga koma lima lima satu yang lebih besar dari t tabel satu koma enam lima lima. Promosi berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi nol koma nol nol nol dan nilai t empat koma tiga sembilan enam yang lebih besar dari t tabel satu koma enam lima lima. Nilai koefisien determinasi sebesar tujuh puluh empat persen menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut menjelaskan tujuh puluh empat persen variasi keputusan pembelian, sedangkan dua puluh enam persen sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar seratus enam koma tujuh sembilan empat lebih tinggi dibandingkan F tabel dua koma empat tiga, sehingga seluruh variabel secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk teh bubuk di PT Perkebunan Nusantara IV Unit Bah Butong Sidamanik.

References

Abubakar, M. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Basu Swastha. (2008) Manajemen Pemasaran, Analisa. Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE Yogjakarta.

Buchari . (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Duwi Priyatno (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum.Yogjakarta: Alfabeta

Djaslim Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Etzel, J. (2013). Saluran Distribusi dan Logistik dalam Bisnis. Surabaya: Unitomo

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo. (2014). Manajemen operasi.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Herman. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran era Tradisional Sampai Era Moderenisasi Global. Bandung: CV. Alfabeta.

Hery. (2019). Konsep Dasar Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prehalindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip pemasaran . Ne Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. (15th ed.). New York: Pearson.

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Laksana, F. (2019). Manajemen Pemasaran Strategis. Malang: UMM Press.

Sitanggang, L., Daely, H., & Sitompul, P. (2025). Implementasi Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) untuk Mengukur Kelayakan Pegawai Bidang Produksi pada PT. Inagrin. Manajemen & Bisnis Jurnal, 11(1), 47-63. https://doi.org/10.37303/embeji.v11i1.222

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Press.

Priyatno, D. (2018). Panduan praktis memahami statistik. Yogyakarta: Mediakom.

Simamora, B. (2013). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprianto, Warta. (2018). Manajemen promosi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryati, L. (2019). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish

Swastha, B., & Sukotjo, N. (2000). Prinsip dan praktik Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE

Syahputra, R. R., & Herman, H. (2020). Manajemen bauran promosi. Jakarta: Indeks Group Gramedia.

Tengku. (2020). Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia

Thompson (2016) Keputusan Pembelian Produk. Padang : Pt Inovasi Pratama Internasional.

Tjiptono, F. (2005). Prinsip-Prinsip Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Strategi Pemasaran Terpadu. Malang: UMM Press.

Umar, H. (2002). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Ghslia Indonesia.

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51.https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen woles chips. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(4), 441-447.

Beddu, M., & Bhakti, R. N. (2023). Efek Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pada Pt. Bosowa Berlian Motor. Jurnal Mirai Management, 8(3).

Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada toko donat madu lapai. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 593-604.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.

Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk keperluan usaha waralaba.

Putri, T. T., & Supriyatin, S. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PT SANCU KREATIF INDONESIA DI SIDOARJO. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(5).

Suparni, S., & Istiyanto, J. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ukm Batik Solo. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(1), 69-77.

Downloads

Published

2025-10-31

Issue

Section

Artikel Prosiding