PENGARUH KEPERCAYAAN, FASILITAS DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS NAMUTRASI, KEC.SEI BINGAI, KAB. LANGKAT

Authors

  • Lovika Br Sembiring FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Betniar Purba FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Pandapotan Sitompul FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Trust, Facilities, Comfort

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, fasilitas, dan kenyamanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Namutrasi melalui pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan 98 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 27 melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel, yaitu kepercayaan, fasilitas, dan kenyamanan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien berdasarkan nilai t hitung yang lebih besar daripada t tabel dan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Pengujian simultan juga memperlihatkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai F hitung yang lebih tinggi daripada F tabel dengan tingkat signifikansi yang berada di bawah 0,05. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,875 mengindikasikan bahwa 76,5 persen variasi kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sedangkan 23,5 persen sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti kualitas pelayanan dan biaya yang tidak dicakup dalam penelitian ini.

References

Astria . (2021). Indikator Kenyamanan dalam Pelayanan dan Transaksi. Jakarta: Universitas atau Penerbit Akademik.

Boy. (2007). Indikator Fasilitas Dalam Pelayanan Publik. Jakarta: Gramedia.

Fanani, M.Z., & Kurniati, A. (2022). Analisis Kenyamanan Berbasis Partisipasi Masyarakat. Surabaya: Penerbit Urban Nusantara.

Fristiohady, A. (2020). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Prenada Media.

Hakim. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kenyamanan Ruang. Jakarta: Salemba Empat.

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Sektor Kesehatan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Indrayani. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Jasfar, Farida. (2009). Manajemen Jasa, Pendekatan Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jogiyanto . (2019). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2020). Manajemen Pemasaran Edisi 15. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.

Maharani, T. (2010). Kepercayaan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan: Perspektif dan Implikasinya pada Kualitas Pelayanan Edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2017). Jenis-Jenis Kepercayaan dalam Pemasaran: Teori dan Implementasi dalam Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Lina Salim. Edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Munawir, A. (2018). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Kenyamanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Putra. (2018). Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien. Yogyakarta: Budi Utama.

Ratnasari, S. & Aksa, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Sari, D. L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Urug. Kota Tasikmalaya: Ilmu Manajemen dan Ekonomi.

Sabarguna, B, S. (2004). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Setiawan, A., dan Yuliawati, S. (2014). Kepercayaan Pasien dalam Pengelolaan Informasi Medis dan Kejujuran dalam Komunikasi. Jakarta: Budi Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumayang. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi . Jakarta: Salemba Empat.

Suprapto & Azizi. (2020). Manajemen Kepercayaan dalam Hubungan Bisnis dan Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Mandiri.

Syamsudin, M. (2020). Manajemen Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan Edisi pertama. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, D. (2017). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Edisi pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-10-31

Issue

Section

Artikel Prosiding