PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PUSKESMAS TIGA JUHAR
Keywords:
Service Quality, Trust, SatisfactionAbstract
This study aims to analyze the effect of service quality and patient trust at the UPT Puskesmas Tiga Juhar. This study uses quantitative methods with sampling techniques is random sampling/probability sampling. This data was obtained through a survey by distributing questionnaires in respondents UPT Puskesmas Tiga Juhar, data processing in this study using SPSS version 25 for Windows. multiple linear regression results y = 0.408 + 0.134 x1 + 0.471 x2 This study shows that the quality of service (X1) and trust (X2) has a positive and significant effect on patient satisfaction. The F test was carried out showing that the quality of service and trust simultaneously had a positive and significant influence on patient satisfaction. The coefficient value of dermination (R2) shows that the quality of service and trust is able to explain the dependent variable of 63.5% while for 36.5% is influenced by other factors that are not included in the scope of this research such as facilities and costs.References
Akbar, M. M., & Parvez, N. (2009). Kepercayaan dalam Pemasaran: Faktor-Faktor dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Dhaka: Penerbit Academic Press.
Aprillia, N., & Fatihah, R. (2021). Kualitas Layanan: Strategi Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Bandung: Penerbit Solusi Akademik.
Apriliani, D., Sutrisno, T., & Haryadi, A. (2023). Kualitas Pelayanan dalam Sektor Publik dan Privat: Pendekatan Terintegrasi. Yogyakarta: Pustaka Abadi.
Asmai, & Zhafiri, S. (2011). Kepercayaan dalam Hubungan Bisnis: Teori, Pengukuran, dan Implementasinya. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana.
Batara, Atep. 2004. Dasar - Dasar Pelayanan Prima, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Ferrinadevi, A. (2008). Kepercayaan dalam Perspektif Sosial dan Budaya. Jakarta: Penerbit Karya Ilmu.
Geven, G., & Straub, D. (2019). Kepercayaan dalam Teknologi dan Bisnis: Perspektif Terbaru dan Aplikasinya. New York: Penerbit Springer.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS Semarang : Universitas Diponegoro
---------- (2019). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Granross, L. (2016). Tujuan Pemasaran dan Dampaknya pada Kinerja Bisnis. Jakarta: Penerbit Mitra Cipta.
Hair, Carl, Mc Daniel, (2001). Pemasaran edisi pertama, salemba empat: Jakarta
Irwan, M. (2008). Indikator Kepuasan Pelanggan: Analisis dan Implementasi dalam Bisnis. Jakarta: Penerbit Gramedia.
Kasmir. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit RajaGrafindo Persada.
Kotler Philip, 2014. Manajemen Pemasaran. jilid 1. Jakarta PT. : Indeksi.
---------- P., (2005). Indikator Kepuasan Pelanggan: Strategi dan Pengukurannya dalam Pemasaran. Edisi ke-12. Jakarta: Penerbit Prenhallindo.
---------- P., (2000). Fungsi Pemasaran dalam Menciptakan Nilai dan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Pemasaran Manajerial: Strategi dan Implementasi dalam Dunia Bisnis Modern. Edisi ke-15. Jakarta: Penerbit Erlangga.
---------- P., & Keller, K. L. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dalam Pemasaran dan Hubungan Pelanggan. Edisi ke-15. Jakarta: Penerbit Erlangga.
---------- P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran: Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan untuk Kepuasan Pelanggan. Edisi ke-14. Jakarta: Penerbit Erlangga.
---------- P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Edisi ke-14. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Hemsley-Brown, J. (2010). Kualitas Pelayanan: Pendekatan Terpadu untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
---------- C., Wirtz, J., & Chatterjee, J. (2010). Kualitas Pelayanan: Teori, Pengukuran, dan Penerapannya dalam Layanan. Edisi ke-7. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, F. (2001). Kepuasan Pelanggan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2017). Jenis-Jenis Kepercayaan dalam Pemasaran: Teori dan Implementasi dalam Perilaku Konsumen. Edisi ke-7. New Jersey: Pearson Education.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2002). Servqual: Menganalisis Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Diterjemahkan oleh: Agus Maulana.
Priyanto, S. (2010). Koefisien Determinasi: Konsep, Pengukuran, dan Aplikasinya dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Indikator Kepercayaan dalam Organisasi: Teori, Pengukuran, dan Penerapannya. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sangjadi, M., & Sopiah, S. (2013). Kepuasan Pelanggan: Faktor, Pengukuran, dan Implikasinya dalam Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Teori Implementasi. Yogyakarta : ANDI
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, & Azizi. (2020). Kepercayaan dalam perspektif sosial dan budaya. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Kepuasan Pelanggan: Teori, Pengukuran, dan Strategi Meningkatkannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.
---------- F., & Chandra, G. (2014). Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Andi Publisher.
Umar, H. (2009). Pengujian Hipotesis dan Analisis Data Menggunakan SPSS. Jakarta: Rajawali Pers.






