PERANCANGAN ABSENSI MAHASISWA BERBASIS WEB

Authors

  • Lincar Best Putra Waruwu Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Meinalman Eldy Ndruru Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Didik Nuansa Fajar Halawa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Yolanda F Siahaan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Irwan Alfred Halawa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dea Ananda Saragih Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Agnes Athalia Sinuhaji Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Efrinus Gulo Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Andy Paul Harianja Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Perancangan, Absensi, Mahasiswa, Berbasis, Web

Abstract

Absensi adalah kegiatan pelaporan suatu institusi,berisi data kehadiran untuk mengetahui jumlah kehadiran pada suatu acara sehingga pihak terkait dapat menemukan dan menggunakan dengan mudah kapan pun mereka membutuhkannya.Di Universitas Katolik Santo Thomas Fakultas Komputer Medan ,sistem absensi masih dilakukan secara manual dengan media kertas untuk menulis.Metode ini dirasa kurang efektif dan efisien dalam rekapitulasi absensi mulai dari pencatatan,perhitungan data absensi mahasiswa.Masalah lainnya, yaitu banyaknya tempat penyimpanan dokumen. Tujuan  dari tugas ini ,membuat perancangan Absensi Berbasis Web untuk memecahkan masalah misalnya agar tidak mempersulit dosen dalam mendata nilai mahasiswa dan Tidak memperbanyak tempat penyimpan dokumen-dokumen.Perancangan sistem  absensi ini menggunakan model pengembangan perangkat lunak .Hasil dan manfaat dari perancangan sistem absensi ini adalah menyediakan fasilitas yang memudahkan bagi Mahasiswa untuk melakukan absen dan dosen sebagai pengelola data.Sehingga pengolahan data menjadi lebih terstruktur.Adanya perancangan sistem absensi berbasis web ini dapat mengurangi risiko kesalahan perhitungan data absensi sehingga dapat menghasilkan laporan yang lebih akurat.

References

-[1] G. Ghufron, “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan,” in Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 2018.

Fikom, Buku Pedoman Akademik Fakultas Ilmu Komputer 2020, no. September. Medan: Fakultas Ilmu Komputer, UNIKA Santo Thomas, 2020.

F. Nugraha, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan,” J. SIMETRIS, vol. 5, no. 1, pp. 27–32, Apr. 2014, Accessed: Nov. 17, 2020. [Online]. Available: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/132/137

T. Limbong, “Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Mengajar Dosen,” Pelita Inform. Inf. dan Inform., 2012.

O. Laoly and T. Limbong, “Visualisasi Pengumuman dan SOP Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan berbasis Multimedia,” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 126–139, 2018, doi: 10.17605/JMEANS.V3I2.276.

S. Sinurat, “Perancangan Sistem Informasi Pengumuman Dan Standard Operational Procedure (Sop) Akademik Pada Stmik Budidarma Medan Berbasis Animasi Dan Multimedia,” no. September, pp. 146–152, 2014, [Online]. Available: www.inti-budidarma.com

Downloads

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles