PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYALURAN DONASI BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS METODE PROTOTYPE

Authors

  • Erika Purba Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Epa Melina Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • May Ribka Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Yana Oktavia Siboro Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Adinda Sembiring Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sihol Matondang Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Andy Paul Harianja Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Donasi, Prototype, Aplikasi

Abstract

Donasi merupakan kegiatan kemanusiaan yang bertujuan untuk keperluan kegiatan sosial. Pada umumnya kegiatan donasi masih dilakukan secara langsung atau manual baik dalam pencatatan, perhitungan hasil donasi maupun membuat laporan dan informasi keuangan untuk mengetahui donasi sudah sampai kepada penerima atau belum. Permasalahan yang muncul selama ini terdapat di dalam pengelolaan transaksi dan informasi donasi yang masih manual sehingga membutuhkan waktu yang lama. Hal ini menyebabkan tidak adanya pemberitahuan laporan setelah pengumpulan donasi. Karena itu, dibutuhkan solusi untuk memudahkan dalam berdonasi keuangan. Oleh karena itu, tujuan proyek ini adalah merancang aplikasi saluran donasi di lingkungan Universitas Katolik Santo Thomas. Menciptakan aplikasi mobile yang dapat mengumpulkan sumbangan donasi baik bernilai kecil maupun besar dari donatur untuk membantu mahasiswa yang mengalami sakit atau kemalangan. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat memudahkan para donatur dan penerima untuk melakukan atau menerima donasi. Selain itu, tujuan lainnya dapat memberikan manfaat bagi seluruh pengguna khususnya bagi Mahasiswa dan Dosen di Universitas Katolik Santo Thomas.

References

T. Limbong et al., “The Implementation of Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis Method to Select the Lecturer Assistant Working at Computer Laboratorium,” 2018.

H.- Hanifah, S. T. Raharjo, and A. W. Riana, “Membangun Kepercayaan Donatur Dengan Motif Emosi Dan Empati Serta Keteguhan Nilai Organisasi,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, p. 72, 2019, doi: 10.24198/jppm.v6i1.22784.

R. R. El Akbar and R. Gunawan, “IbM PELATIHAN MULTIMEDIA UNTUK ANAK-ANAK YATIM PIATU DI PANTI ASUHAN HIFDHUL MURSALIN KOTA TASIKMALAYA,” J. Pengabdi. Siliwangi, vol. 2, no. 1, Oct. 2016, Accessed: Sep. 03, 2021. [Online]. Available: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/view/60

U. Dirgantara and M. Suryadarma, “Rancang Bangun Penerapan Model Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 223–230, 2014, doi: 10.35968/jsi.v8i2.737.

E. W. Fridayanthie, H. Haryanto, and T. Tsabitah, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 2, pp. 151–157, 2021, doi: 10.31294/p.v23i2.10998.

D. Purnomo, “Model Prototyping,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, pp. 54–61, 2017.

Downloads

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles