PENGEMBANGAN SISTEM ABSENSI PEGAWAI UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE BERBASIS MOBILE

Authors

  • Ripaldo Lumban Batu Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dorisna Nababan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Nurhayani Girsang Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ester Lina F Turnip Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Indah Habeahan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ita Maysaroh Sianturi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Jimmy Bimayuda Setiawan Siburian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Andy Paul Harianja Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

System, Employee, Attendance, GPS, Mobile

Abstract

Penggunaan teknologi informasi telah menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam kampus yaitu sistem absensi data pegawai secara manual. Teknologi informasi saat ini sudah ke arah perangkat pintar (mobile/smartphone). Proses absensi di lingkungan kampus seringkali mengalami kendala, terutama terkait dengan keakuratan data absensi dan efisiensi waktu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah dosen dan pegawai yang harus melakukan absensi setiap harinya, serta masih banyaknya penggunaan absensi manual yang rentan terhadap kesalahan data dan waktu yang terbuang. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah solusi yang dapat memudahkan proses absensi dan meningkatkan efisiensi.Dalam era digital seperti saat ini, penggunaan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan semakin penting. Begitu pula dengan lingkungan kampus, di mana penggunaan teknologi informasi dapat memberikan banyak manfaat dalam memudahkan berbagai proses, termasuk proses absensi. Alternatif pemecahan masalah yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi sistem yang telah ada agar dapat mengakomodir kebutuhan dalam proses sistem mobile berbasis lokasi dalan data pegawai. Pengembangan ini bertujuan untuk mempermudah bagi pegawai.

References

J. Priono and E. Setiawan, “Implementasi Geofencing dalam Monitoring Rute Pengiriman Kendaraan di Sebuah Perusahaan Ekspedisi,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2 SE-Articles, Oct. 2017, doi: https://doi.org/10.31937/ti.v9i2.678.

U. Dirgantara and M. Suryadarma, “Rancang Bangun Penerapan Model Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 223–230, 2014, doi: 10.35968/jsi.v8i2.737.

D. Purnomo, “Model Prototyping,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, pp. 54–61, 2017.

T. Limbong, “Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Mengajar Dosen,” Pelita Inform. Inf. dan Inform., 2012.

F. Wibowo and D. Aryanto, “Prototype Model Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Fuzzy Logic Metode Mamdani Untuk Pemilihan Lulusan Terbaik Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” Juita, vol. III, no. 3, May 2015.

E. W. Fridayanthie, H. Haryanto, and T. Tsabitah, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 2, pp. 151–157, 2021, doi: 10.31294/p.v23i2.10998.

Downloads

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles