RANCANG BANGUN APLIKASI GAME HULING-HULING ACCA ATAU TEKA-TEKI SUKU BATAK BERBASIS ANDROID

Authors

  • Kartika Sari Banjarnahor Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Tonni Limbong Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Aplikasi Game, Teka-Teki Suku Batak, Android, Warisan Budaya, Hiburan

Abstract

Aplikasi game "Huling-Huling Acca" atau Teka-Teki Suku Batak merupakan sebuah permainan berbasis Android yang bertujuan untuk mempertahankan dan mempopulerkan warisan budaya suku Batak melalui hiburan edukatif. Aplikasi ini menyajikan teka-teki tradisional yang berasal dari suku Batak dengan sentuhan modern yang menarik. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menghibur pengguna sekaligus meningkatkan pemahaman mereka terhadap budaya Batak. Melalui pengembangan aplikasi game "Huling-Huling Acca" atau Teka-Teki Suku Batak, diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kesadaran akan budaya suku Batak, terutama di kalangan generasi muda yang lebih akrab dengan teknologi digital. Dengan memadukan hiburan dan pendidikan, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara warisan budaya dan perkembangan teknologi modern.

References

. Aprianti, W., Maliha, U., Teknik Informatika, J., Negeri, P., Laut, T., Km, J. A. Y., Laut, P. T., & Selatan, K. (2016). Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. In Jurnal Sains Dan Informatika (Vol. 2, Issue 1).

. Bangun, R., Perpustakaan, S., Elektronik, J., Februariyanti, H., & Zuliarso, E. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan Untuk Jurnal Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, 17(2), 124–132.

. Efendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. 2(1).

. Hidayat Iskandar Alam, T., & Soekarta, R. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini ( 2-6 Tahun ) Berbasis Android. 05(02).

. Imron, A. I. (2019). Game Online Teka-Teki Silang Dengan Software Hot Potatoes 6 Untuk Mendukung Pembelajaran Ilmu Hadis. Jurnal Living Hadis, 4(1), 159. Https://Doi.Org/10.14421/Livinghadis.2019.1777

. Juansyah, A. (2015). Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (Komputa) Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-Gps) Dengan Platform Android.

. Kurniawan, A. J., Hermawan, C., & Kom, S. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Penelitian Dosen Fikom (Unda), 10(2).

. Marisa. (2019). Rancangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Web.

. Mual, M., Simanjuntak, P., Afirianto, T., & Wardhono, W. S. (2019). Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Permainan Ular Tangga) (Vol. 3, Issue 3). Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id

. Novayani, W. (2019). Game Genre Untuk Permainan Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kebutuhan Pedagogi Dan Learning Content. In Jurnal Komputer Terapan (Vol. 5, Issue 2). Https://Jurnal.Pcr.Ac.Id/Index.Php/Jkt/

. Novita, R., & Zahri, H. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Katalog Kerja Praktek Dan Tugas Akhir Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(2), 209–215.

. Nurdiana, D., & Suryadi, A. (2017). Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc (Vol. 3, Issue 2).

. Roihan, A., Wisanto, A. A., Sulaeman, Y., Nur, M., Williandi, S., & Pribadi, W. (2019). Implementasi Metode Realtime, Live Data Dan Parsing Json Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Android Studio Dan Php Native. In Jurnal Teknologi Informasi. Http://Ejournal.Urindo.Ac.Id/Index.Php/Ti

. Rustan, E., & Munawir, A. (2020). Eksistensi Permainan Tradisional Edukatif Pada Generasi Digital Natives. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 181–196. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V5i2.1639

. Saprianto Hutabarat, S., Aura Shafitri, S., & Tarigan Azizah Husda, M. (2021a). Huling Huling Acca (Hha) Sebagai Teka-Teki Bahasa Inggris Untuk Fun Efl Strategi Pembelajaran Di Toba. Jurnal Prima Pengajaran Bahasa Inggris, 2(2). Www.Onlinedoctranslator.Com

. Sihombing, A. A. (2018). Mengenal Budaya Batak Toba Melalui Falsafah “Dalihan Na Tolu” (Perspektif Kohesi Dan Kerukunan). Jurnal Lektur Keagamaan, 16(2), 347–371. Https://Doi.Org/10.31291/Jlk.V16i2.553

. Supardi, R. (2021). Pembuatan Game Balap Kelinci Dengan Unity Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1).

. Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja Oleh. Jurnal Curere |, 01(01).

. Syani, M., & Werstantia, N. (2020). Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 1(2). Https://Doi.Org/10.31962/Jiitr.V1i2.22

. Trio, H., & Saputra, B. (2017). Pengendali Posisi Antena-Pengarah Berbasis Mikrontroler Avr Atmega8 Menggunakan Smartphone Android. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) (Vol. 1, Issue 2).

. Valentina, T. D., & Martani, W. (2018). Apakah Hasangapon, Hagabeon, Dan Hamoraon Sebagai Faktor Protektif Atau Faktor Risiko Perilaku Bunuh Diri Remaja Batak Toba? Sebuah Kajian Teoritis Tentang Nilai Budaya Batak Toba. Buletin Psikologi. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.28489

Downloads

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles