SISTEM INFORMASI GEREJA HKI GUNUNG MARIA BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE WATERFALL

Authors

  • Elsa Mayora Manurung FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Andy Paul Harianja FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

HKI Gunung Mariah, Sistem Informasi, Pendataan Jemaat

Abstract

dalah tempat beribadah para penganut agama kristen juga merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhan, dan tempat melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya, seperti sekolah minggu, ibadah pemuda, pemberkataan untuk pernikahan dan sebagainya. (Mesrida Sibarani, 2018). Gereja juga merupakan suatu lembaga rohani bagi umat Kristen. Di gereja terdapat berbagai macam pelayanan kegiatan khususnya kegiatan peribadatan, seperti Ibadah Minggu, ibadah pemuda, Ibadah Wanita, Ibadah Sekolah Minggu, dan ibadah lainnya. Tidak hanya kegiatan peribadatan saja di gereja juga terdapat berbagai macam pelayanan jemaat dan katekisasi, pelayanan baptis, pelayanan pemberkatan nikah, serta pelayanan kegiatan sosial. Gereja-gereja pada umumnya pada pengolahan data, pelayanan jemaat, data katekisasi, data baptis dan data pernikahan masih di catat pada buku sehingga data baptis dan data pernikahan masih dicatat pada buku, sehingga data yang lama bisa hilang atau mengalami kerusakan, serta kurang efektif saat mencari data karena memerlukan waktu yang lama. Selain itu pemberian informasi agenda ibadah, Aktivitas di gereja, maupun kegiatan rutin gereja yang lain masih manual yaitu dipaparkan pada buku berita jemaat yang dibagikan kepada jemaat, serta disampaikan lewat pengumuman yang diumumkan secara langsung oleh Majelis atau pengurus gereja setelah ibadah. Saat ini, perkembangan teknologi informasi mengalami perubahan yang begitu pesat. Dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin canggih, munculnya permasalahan di gereja-gereja pada umumnya dalam memberikan informasi pelayanan kegiatan menjadi dasar pemikiran bagi peneliti untuk membangun sistem informasi berbasis web agar dapat membantu majelis atau pengurus gereja dalam mengolah data dan memberikan informasi kepada jemaat dengan lebih mudah, efektif, dan efisien.  

References

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.

Mesrida Sibarani. (2018). Redesain Gereja Bethel Tabernakel Kristus Alfa Omega Ngesrep Semarang. 21020113120033, 1–6.

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2019). ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI SARANA. AMIK AKMI Baturaja, 1–10.

Arif, A., & Mukti, Y. (2017). Rancang Bangun Website Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Betrik, 8(03), 156–165. https://doi.org/10.36050/betrik.v8i03.76

Muslim, B., & Dayana, L. (2016). Sistem Informasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Pagar Alam Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Betrik, 7(01), 36–49. https://doi.org/10.36050/betrik.v7i01.11

Satya, I. A. (2016). Penyebaran Informasi Menggunakan WWW (World Wide Web). Penyebaran Informasi Menggunakan WWW (World Wide Web), 20. http://www.

Swastika. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2023-10-15

Issue

Section

Articles