RANCANG BANGUN APLIKASI TES TOEFL BERBASIS WEB DI UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS MEDAN

Authors

  • Simon Kevin Siregar FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Desinta Purba FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Black Box, Fisher Yates, Laravel, Prototype, TOEFL, Vue js, Web

Abstract

TOEFL (Test Of English as Foreign Language) adalah suatu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris. Pada Universitas Katolik Santo Thomas Medan, tes TOEFL digunakan sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa yang ingin memperoleh gelar sarjana. Pada pelaksanaan tes TOEFL yang berjalan saat ini di Lembaga Bahasa Universitas Katolik Santo Thomas masih menggunakan sistem konvensional seperti eksekusi soal tes TOEFL dan memeriksa jawaban ujian tes TOEFL. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah aplikasi tes TOEFL berbasis Web yang menerapakan Algoritma Fisher Yates untuk pengacakan soal dan jawaban untuk section structure sehingga tampilan soal dan jawaban untuk setiap peserta ujian berbeda pada section tersebut dan untuk section listening dan reading hanya dilakukan pengacakan jawaban. Algoritma Fisher Yates ialah sebuah algoritma untuk menghasilkan permutasi acak dari suatu himpunan terhingga. Aplikasi ini dibangun menggunakan Laravel, Vue Js dan MySQL serta menggunakan metode prototype sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Pengujian aplikasi menggunakan black box untuk memastikan bahwa sistem yang dibangun dapat berjalan sesuai dengan fungsionalitasnya.

References

Ahmadi dan Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

A.S., Rosa, dan M.Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Buchari, M., Sentinowo, S., & Lantang, O. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan. E-Journal Teknik Informatika. (diakses Januari 04, 2023).

E. Ekojono, R. Cahyaningrum, and K. S. Batubulan, “Implementasi metode Fisher-Yates Shuffle dan Fuzzy Tsukamoto pada game 2D gopoh berbasis android,” J. Inform. Polinema, vol. 4, no. 3, pp. 174-180, May 2018, doi: 10.33795/jip.v4i3.203.

Ekojono, D. A. Irawati, L. Affandi, and A. N. Rahmanto, “Penerapan algoritma FisherYates pada pengacakan soal game aritmatika,” in Prosiding SENTIA, Malang, Indonesia, vol. 9, 2017, pp. 101–106.

Fakhri Muhtadin, Erly Krisnanik, S.Kom., MM. “Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Dan Pretest Toefl Berbasis Web (Studi Kasus: Unit Pelayanan Terpadu Bahasa Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta)”. 28 Januari 2020.

Hanif Al Fatta. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Andi Offset, Yogyakarta.

Imam Tantowi, Moh. Ali Albar, Fitri Bimantoro. ”Rancang Bangun Sistem Informasi Toefl Pada Pusat Bahasa Universitas Mataram”. JTIKA, Vol. 1, No. 2, September 2019.

Purwanto, Arie & Yasin, Verdi & Haroen, Rachmawaty. (2021). Perancangan aplikasi teknologi informasi helpdesk berbasis web pada instalasi rekam medik dan admisi RSCM Jakarta. JURNAL WIDYA. 2. 129-145.

Rudi Budi Agung, Rahmadi, Jefry Auliya Rahman, “Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Toefl Berbasis Web”. Jurnal Vol. 12 No. 2 (2022).

Strauss dan Forst. 2012. Modul Pembelajaran Uniform Resource Locater (URL). Jakarta. PT. Gramedia.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Thomas, U. K. (2022). Universitas Katolik Santo Thomas. Medan: Universitas Katolik Santo Thomas, Internet: https://www.ust.ac.id/, (diakses Februari 02, 2023).

Winarno, Edy dan Ali Zaki. 2014. Pemrograman Web Berbasis HTM 5, PHP, & JavaScript. Bandung: PT Elex Media Komputindo.

Yenny iskandar (2018). Buku Ajar Pengantar Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-10-28

Issue

Section

Articles