PENERAPAN JARINGAN SYARAF TIRUAN MODEL ADELINE UNTUK PREDIKSI PENYAKIT PARU-PARU

Authors

  • Rimbun Nababan FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Servin Oktavia Sinaga FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Losiana Berutu FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sardo Pardingotan Sipayung FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Algoritma Adaline, Epoch, Prediksi Penyakit Paru-Paru

Abstract

Penelitian ini mengkaji potensi Algoritma Adaline untuk memprediksi penyakit paru-paru. Data prediksi penyakit paru-paru dengan sembilan gejala diperoleh dari Kaggle. Melalui pelatihan Adaline dengan pola input dan output bipolar, hasil menunjukkan bahwa penggunaan nilai laju pemahaman alpa yang lebih kecil, seperti 0,05, dengan toleransi 0,05, menghasilkan epoch yang lebih sedikit, misalnya epoch 1. Ini menunjukkan efektivitas Adaline dalam pengenalan penyakit paru-paru. Dengan menggunakan Python, perhitungan menunjukkan prediksi penyakit dengan tingkat kesalahan yang dapat diterima. Pelatihan model Adaline efektif untuk prediksi penyakit paru-paru, dan penggunaan  yang lebih kecil mempercepat pengenalan penyakit

References

BPS, B. (2023). Statistik Kesehatan 2023. JAKARTA: BADAN PUSAT STATISTIK.

Depinta, L., & Abdullah, Z. (2017). Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation untuk Deteksi Penyakit Tuberculosis (TB) Paru dari Citra Rontgen. Jurnal Fisika Unand, 61-66.

Etikasari, B., & Dwi Puspitasari, T. (2019). PENGENALAN POLA HURUF DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADALINE . Jurnal MNEMONIC , 12-16.

Haffandi, M. (2022). KLASIFIKASI PENYAKIT PARU-PARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER . Jurnal TEKINKOM, 177-186.

Kaggle. (2023). DATASET PREDIC TERKENA PENYAKIT PARU-PARU. Jakarta: https://www.kaggle.com/datasets/andot03bsrc/dataset-predic-terkena-penyakit-paruparu.

Kurniawan, D., Sayekti.P, B., & Suprayitno, E. (2017). RANCANG BANGUN ALAT DETEKSI SUARA PARU-PARU UNTUK MENGANALISA KELAINAN PARU-PARU BERBASIS ANDROID . Jurnal Elinvo, 157-168.

Latifah, L. (2020). PENENTUAN PENYAKIT PARU DENGAN MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN. JURNAL SIMETRIS, 233-240.

Setiawan, W., Hastono, T., & Gunawan, R. (2023). AVOCADO STOCK PREDICTION SYSTEM IN FRUIT SHOPS. Journal of Technology and Health, 1-9.

WHO, W. (2023). Smoking is the leading cause of chronic obstructive pulmonary disease. Geneva: Departmental news.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles