VISUALISASI PENGELOMPOKAN DATA PRODUKTIFITAS PERTANIAN DI INDONESIA DENGAN SELF ORGANIZING MAP

Authors

  • Paska Marto Hasugian Program Studi Sains Data, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Tonni Limbong Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Alex Rikki FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Pandi Barita Nauli Simangunsong FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sardo Pardingotan Sipayung FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Produktivitas, Pertanian, SDM, Pengelompokan, Visualisasi

Abstract

Indonesia, yang dikenal sebagai salah satu negara dengan potensi pertanian sangat besar didunia sehingga memerlukan pendekatan yang cermat untuk mengoptimalkan produktivitas. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengelompokkan produktivitas pertanian pada berbagai wilayah di Indonesia dengan menggunakan metode Self-Organizing Map. Penelitian ini diarahkan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai pola produktivitas pertanian yang ada sehingga dapat divisualisasikan dengan jelas, memudahkan identifikasi pola yang beragam ini. Metode SOM dipilih untuk mengatasi kompleksitas data yang didapatkan dari pengumpulan informasi produktivitas pertanian di berbagai daerah di Indonesia. Proses ini mencakup tahap pemrosesan data untuk dijadikan input yang sesuai untuk algoritma SOM, diikuti dengan tahap visualisasi yang menghasilkan peta pola produktivitas. Oleh karena itu, proses ini memungkinkan penemuan pola-pola unik yang akan sangat berharga bagi pemangku kepentingan dalam bidang pertanian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa visualisasi yang intuitif, yang merepresentasikan distribusi produktivitas pertanian secara nasional. Dengan adanya visualisasi yang informatif ini, diharapkan stakeholder di sektor pertanian dapat mengevaluasi dan mengidentifikasi daerah dengan tingkat produktivitas tinggi dan rendah dengan lebih efisien. Selain itu, visualisasi ini juga akan berguna dalam membantu pengambilan keputusan dan perencanaan strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi negara secara keseluruhan.

References

I. Hidayah, Y. Yulhendri, and N. Susanti, “Peran sektor pertanian dalam perekonomian negara maju dan negara berkembang: Sebuah kajian literatur,” J. Salingka Nagari, vol. 1, no. 1, pp. 28-37, 2022.

R. Fadhilah, E. A. Saepudin, P. Suci, and N. R. Subchiyah, “Analisis Kritis Terhadap Sektor Pertanian Indonesia dalam Negara Kesejahteraan,” Mister J. Multidiscip. Inq. Sci. Technol. Educ. Res., vol. 1, no. 2, pp. 163-168, 2024.

R. N. Wuli, “Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Pertanian Untuk Menciptakan Petani Unggul Demi Mencapai Ketahanan Pangan,” J. Pertan. Unggul, vol. 2, no. 1, pp. 1-15, 2023.

M. A. R. Siregar, “Peningkatan Produktivitas Pertanian Melalui Penerapan Sistem Pertanian Terpadu,” 2023.

H. B. Siringo and M. Daulay, “Analisis keterkaitan produktivitas pertanian dan impor beras di Indonesia,” J. Ekon. dan Keuang., vol. 2, no. 8, p. 14808, 2014.

A. F. Sunartomo, “Kapasitas penyuluh pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Jawa Timur,” Agriekonomika, vol. 5, no. 2, pp. 125-136, 2016.

A. Burhanuddin, “Analisis Komparatif Inferensi Fuzzy Tsukamoto, mamdani dan Sugeno Terhadap Produktivitas Padi di Indonesia,” LEDGER J. Inform. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 48-57, 2023.

Z. Feng et al., “Analysis of water quality indexes and their relationships with vegetation using self-organizing map and geographically and temporally weighted regression,” Environ. Res., vol. 216, p. 114587, 2023.

Y. Anis and R. R. Isnanto, “Penerapan Metode Self-Organizing Map (SOM) Untuk Visualisasi Data Geospasial Pada Informasi Sebaran Data Pemilih Tetap (DPT),” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 48-57, 2014, doi: 10.21456/vol4iss1pp48-57.

R. Umar, A. Fadlil, and R. R. Az-Zahra, “Self Organizing Maps (SOM) untuk Pengelompokkan Jurusan di SMK,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 131-137, 2018.

A. Zaini and M. A. Muslim, “Pengelompokan artikel berbahasa indonesia berdasarkan struktur laten menggunakan pendekatan self organizing map,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, pp. 259-267, 2017.

N. Imani, A. I. Alfassa, and A. M. Yolanda, “ANALISIS CLUSTER TERHADAP INDIKATOR DATA SOSIAL DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR MENGGUNAKAN METODE SELF ORGANIZING MAP (SOM),” J. Gaussian, vol. 11, no. 3, pp. 458-467, Jan. 2023, doi: 10.14710/j.gauss.11.3.458-467.

Y. Anis and R. R. Isnanto, “Penerapan Metode Self-Organizing Map (SOM) Untuk Visualisasi Data Geospasial Pada Informasi Sebaran Data Pemilih Tetap ( DPT ),” vol. 01, pp. 48-57, 2014.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles