PERANCANGAN APLIKASI PELAPORAN KEKERASAN SEKSUAL DAN NARKOBA BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE WATERFALL

Authors

  • Johanes Olo Tua Manullang FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rudyanto Ompusunggu FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sarah Sagala FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rifelson Sipayung FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • San Benfri Saragih FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Andy Paul Harianja FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

aplikasi desktop, metode waterfall, unified modeling language

Abstract

 Penggunaan aplikasi berbasis web semakin diminati karena aksesibilitasnya yang mudah dan biaya pemeliharaan yang lebih rendah dibandingkan aplikasi desktop atau Android. Dalam konteks ini, perancangan sistem aplikasi pelaporan kekerasan seksual menjadi penting untuk memenuhi kebutuhan pengguna secara cepat dan sesuai permintaan. Metode Waterfall merupakan salah satu pendekatan yang umum digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi Metode Waterfall dalam pengembangan aplikasi pelaporan kekerasan seksual dan narkoba berbasis web di Universitas Katolik Santo Thomas Medan. Tahapan Metode Waterfall mulai dari analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan dijelaskan secara detail. Hasil analisis kebutuhan meliputi perangkat keras, perangkat lunak dan aplikasi pengguna. Desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk memodelkan kasus penggunaan, aktivitas, kelas, dan urutan interaksi. Implementasinya melibatkan pengembangan kode program dengan berbagai bahasa dan framework pemrograman. Pengujian dilakukan untuk menjamin kualitas dan keamanan aplikasi, sedangkan pemeliharaan dilakukan secara berkelanjutan untuk memperbaiki bug, memperbarui fitur dan meningkatkan kinerja sesuai kebutuhan pengguna. Dengan pendekatan Metode Waterfall, pengembangan aplikasi dapat dilakukan secara terstruktur dan terorganisir, memastikan kontrol yang ketat terhadap jadwal, biaya dan kualitas proyek secara keseluruhan.

References

H. Trizaka, D. Sagita Rusdianto, and A. Hendra Brata, “Pengembangan sistem aplikasi persuratan elektronik berbasis web di fakultas ilmu komputer ( FILKOM ) Universitas Brawijaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 5115–5121, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/5424/2545.

A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmuilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available:https://www.researchgate.net/profile/Aceng_Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf.

Wijayanti, Trendy, Fajar Nugraha, and Andy Prasetyo Utomo. "Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus." Journal of Computer and Information Systems Ampera 3.1 (2022): 56-65.

Manalu, Winda Uli Sari, Lukman Hakim, and Cindi Wulandari. "Sistem Informasi Pengaduan Siswa Berbasis Website Dengan Framework Laravel." Journal of Information System Research (JOSH) 4.3 (2023): 1005-1013.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles