DATA MINING DENGAN REGRESI BERGANDA UNTUK PENGARUH MAKANAN MIE INSTAN (TIAP HARI DALAM SATU BULAN) DAN BERAT BADAN TERHADAP TINGGI BADAN

Authors

  • Yonathan Fransysco Purba FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Gratiano A. Simbolon FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Gratiano A. Simbolon FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ike Marisa Br. Ginting FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sardo Pardingotan Sipayung FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

regresi linear berganda, mie instan, Data Mining

Abstract

Karena mudah dan murahnya, mie instan telah menjadi semakin populer di seluruh dunia, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Namun, dampak pada kesehatan, terutama pertumbuhan dan perkembangan, menjadi perhatian. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara konsumsi mie instan dan pertumbuhan pada anak-anak dan remaja. Data yang dikumpulkan dari sampel sebanyak 200 orang, yang terdiri dari berbagai kelompok usia dan latar belakang. Faktor-faktor seperti jumlah mie instan yang dikonsumsi setiap minggu, aktivitas fisik, dan asupan nutrisi lainnya dipertimbangkan. Setelah mengontrol variabel yang membingungkan, hasil analisis regresi menunjukkan hubungan yang signifikan antara konsumsi mie instan dan pertumbuhan. Hasil ini menunjukkan bahwa konsumsi mie instan yang tinggi mungkin terkait dengan laju pertumbuhan yang lebih lambat pada anak-anak dan remaja.  

References

Lailiyah, Siti, Amelia Yusnita, and Lukman Hariri. "Prediksi Persediaan Bahan Baku Untuk Produksi Makanan Olahan “Sanggar Krispi” Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda." Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer 8.2 (2023): 84-94.

Romero, Cristobal, and Sebastian Ventura. "Data mining in education." Wiley Interdisciplinary Reviews: Data mining and knowledge discovery 3.1

Seifert, Jeffrey W. "Data mining: An overview." National security issues (2004): 201-217.

Purba, F. O. B., & Limbong, T. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Pagar Manik menggunakan Metode SMART. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 82-94.

Sitorus, L., & Limbong, T. Implementation of the Analytical Hierarchy Process (AHP) Method for the Decision Support System for Determining National Project Locations.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles