ANALISIS PREDIKSI JUMLAH PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA

Authors

  • Sardo P Sipayung Fakultas Ilmu Komputer Universitas Santo Thomas
  • Novriadi Antonius Siagian FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anirma Kandida Br. Ginting FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Regresi Linier, Mahasiswa baru, Mean Absolute Percentage Error, Prediksi

Abstract

Jumlah mahasiswa baru pada Universitas Katolik Santo Thomas Khususnya Fakultas Ilmu Komputer  dalam 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 2021 sampai tahun 2023 mengalami kenaikan. Data yang diolah selanjutkan akan digunakan untuk melakukan prediksi jumlah mahasiswa 3 tahun mendatang yaitu tahun 2024 hingga tahun 2026. Tujuan dibuat sebuah prediksi adalah untuk mengetahui rasio dosen yang tersedia dengan jumlah mahasiswa baru, mempersiapkan ruang kuliah dan juga fasilitas lainnya. Salah satu metode dengan penggunaan data masa lampau untuk melakukan prediksi adalah dengan metode regresi linier. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah tahun akademik dari tahun pertama hingga tahun ketiga sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah jumlah mahasiswa lama dari tahun 2021 hingga tahun 2023. Data yang akan digunakan merupakan data mahasiswa baru fakultas ilmu komputer yang terdiri dari program studi sistem informasi dan teknik informatika dengan nilai MAPE (Mean Absolute Percentage Error) yaitu sistem informasi (3,1%), dan teknik informatika (5,6%). Berdasarkan hasil analisis data tersebut juga didapatkan grafik prediksi jumlah mahasiswa baru 3 tahun kedepan dengan pola grafik linier menaik untuk setiap program studi.

References

Hendra Di Kesuma, Deni Apriadi, Hengki Juliansa dan Endang Etriyanti. 2022. Implementasi Data Mining Prediksi Mahasiswa Baru Menggunakan Algoritma Regresi Linier Berganda . Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya , 4(2):62-66.

Evi Dewi Sri Mulyan. 2020. Estimasi Harga Jual Mobil Bekas Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 9(1): pp. 1-8.

N. Almumtazah dkk. 2021. “Prediksi Jumlah Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana,” Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan, 18, (1), pp. 31-40.

Afkarina, N. K., Widodo, A. W. and Furqon, M. T. 2019. Implementasi Regresi Linier Berganda Untuk Prediksi Jumlah Peminat, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(11), pp. 10462–10467.

Ajeng Afifah Murhartini, Oman Sahroni, Septi Dwi Rahmawati, Tanti Febrianti, Isnaini Mahuda. 2021. Analisis Permalan Jumlah Mahasiswa Baru Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana. Jurnal Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika 1(1), pp. 17-23.

Amiruddin and Ishak, R. 2018. Prediksi Jumlah Mahasiswa Registrasi Per Semester Menggunakan Linier Regresi pada Universitas Ichsan Gorontalo, ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), pp. 136–143

Eniyati, S., Santi, R. C. N. and Arianto, T. 2020. Penggunaan Metode Lagrange dalam Peramalan Jumlah Mahasiswa Baru, Proceeding SENDIU, pp. 263–266

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles