TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN CHATGPT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA KOMPUTER DENGAN MANUSIA
Keywords:
ChatGPT, Kecerdasan Buatan, Komunikasi, TeknologiAbstract
Pada saat ini kecerdasan buatan (artificial intelligence) telah memasuki banyak aspek kehidupan manusia, dimana dengan kemampuan teknologi yang semakin meningkat memungkinkan komputer dapat berkomunikasi dengan manusia, salah satunya yaitu kemampuan komputer memberikan tanggapan yang signifikan atas perintah manusia. Sebagai teknologi kecerdasan buatan ChatGPT banyak menarik perhatian, dikarenakan ChatGPT mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi secara alami, spontan dan lancar antara manusia dan komputer. ChatGPT memiliki kemampuan didalam menerima, mengerti serta menanggapi dalam interaksi verbal pembicaraan manusia dan dapat menjembatani komunikasi antara komputer dengan manusia. Semakin sering digunakan ChatGPT akan semakin cerdas dikarenakan teknologi ini memiliki kemampuan belajar dari kontaknya dengan manusia. Dalam penerapannya ChatGPT dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, sebagai assisten virtual dan dapat menjadi sumber informasi. ChatGPT sebagai teknologi kecerdasan buatan memberikan kolaborasi ke dalam berbagai sektor industri, layanan pelanggan, layanan keuangan dan lain sebagainya. Teknologi ChatGPT menjanjikan peningkatan dalam memecahkan masalah, memungkinkan terjadinya komunikasi yang lancar antara komputer dan manusia. Kata Kunci: ChatGPT; Kecerdasan Buatan; Komunikasi; Teknologi.References
M. Skjuve and P. B. Brandtzaeg, “Why do people use ChatGPT? Exploring user motivations for generative conversational AI.” [Online]. Available: https://ssrn.com/abstract=4376834
S. S. Gill and R. Kaur, “ChatGPT: Vision and Challenges.”
P. Banerjee et al., “Understanding ChatGPT: Impact Analysis and Path Forward for Teaching Computer Science and Engineering Understanding ChatGPT: Impact Analysis and Path Forward for Teaching Computer Science and Engineering *,” 2023, doi: 10.36227/techrxiv.22639705.v1.
H. Hostetter, M. Z. Naser, X. Huang, and J. Gales, “Large Language Models in Fire Engineering: An Examination of Technical Questions Against Domain Knowledge.”
C. A. Gao et al., “Comparing scientific abstracts generated by ChatGPT to original abstracts using an artificial intelligence output detector, plagiarism detector, and blinded human reviewers”, doi: 10.1101/2022.12.23.521610.
L. Luan, X. Lin, and W. Li, “Exploring the Cognitive Dynamics of Artificial Intelligence in the Post-COVID-19 and Learning 3.0 Era: A Case Study of ChatGPT,” 2023.
J. Rudolph, S. Tan, and S. Tan, “ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education?,” Journal of Applied Learning and Teaching, vol. 6, no. 1, pp. 342–363, Jan. 2023, doi: 10.37074/jalt.2023.6.1.9.
C. Song and Y. Song, “Enhancing academic writing skills and motivation: assessing the efficacy of ChatGPT in AI-assisted language learning for EFL students,” Front Psychol, vol. 14, 2023, doi: 10.3389/fpsyg.2023.1260843.
S. Alam, A. Hameed, M. Madej, and A. Kobylarek, “Perception and practice of using Artificial Intelligence in education: An opinion based study,” XLinguae, vol. 17, no. 1, pp. 216–233, Jan. 2024, doi: 10.18355/XL.2024.17.01.15.
J. Balado and G. Nguyen, “CHATGPT FOR POINT CLOUD 3D OBJECT PROCESSING,” in ISPRS Annals of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, Copernicus Publications, Dec. 2023, pp. 107–114. doi: 10.5194/isprs-annals-X-1-W1-2023-107-2023.
S. Il Hwang et al., “Is ChatGPT a ‘Fire of Prometheus’ for Non-Native English-Speaking Researchers in Academic Writing?,” Korean J Radiol, vol. 24, no. 10, pp. 952–959, Oct. 2023, doi: 10.3348/kjr.2023.0773.
G. Eysenbach, “The Role of ChatGPT, Generative Language Models, and Artificial Intelligence in Medical Education: A Conversation With ChatGPT and a Call for Papers,” JMIR Medical Education, vol. 9. JMIR Publications Inc., 2023. doi: 10.2196/46885.